get app
inews
Aa Read Next : Sinergitas TNI,Polri, dan Satpol PP Sterilkan Logistik Pemilu di PPK Siak Kecil

Jelang Pemilu, Polres Kuansing Rapat Bersama Pihak Penyelenggara Pemilu dan Parpol

Selasa, 16 Januari 2024 | 13:57 WIB
header img
Raoat Pemilu di Kuansing (Foto MNC Portal)

iNewsPekanbaru.id - Menjelang semakin dekatnya Pilpres dan Pileg 2024, Polres Kuansing bersama penyelenggara seperti KPU dan Bawaslu menggelar rapat koordinasi persiapan kampanye umum. Selain itu hadir juga pihak Forkompimda seperti Kodim Inhu dan Pemkab Kuansing Kejari Kuansing.

Dalam rapat yang diselenggarakan di Balai diklat Kuantan Singingi Selasa (16/1/2024), Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi mengatakan phaknya berterimakasih semua pihak yang selama ini mendukung proses tahapan Pemilu.

"Terimakasih kepada Kapolres dan para Forkopimda yang selalu mendampingi KPU dalam proses pengamanan dan kelancaran dalam segala tahapan menjelang pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024. Perkembangan dalam tahapan pemilu 2024 sekarang adalah tahapan kampanye dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan kampanye rapat umum dan iklan kampanye. Ada beberapa hal yang akan dirapatkan dalam sistem mekanismenya," ucap Irwan.

Dijelaskannya bahwa dalam rapat ini nantinya akan mematangkan kampanye rapat umum.c"Output dari pelaksanaan kegiatan kita hari ini adalah jadwal pelaksanaan kampanye rapat umum dan iklan kampanye" imbuhnya

Berdasarkan PKPU 15 tahun 2023 iklan kampanye pemilu dapat dilakukan oleh peserta Pemilu. Ada dua jenis iklan kampanye, jenis kampanye di televisi 10 spot yang berdurasi 30 detik. jenis kampanye di radio 10 kali berdurasi 60 detik, media cetak, sosial 1 bener di media darring satu spot 30 detik setiap hari dan di media sosial.

Sementara itu Kapolres Kuasing AKBP Pangucap Priyo Soegito menjelaskan, bahwa dalam pelaksaan kampanye nantinya berjalan dengan lancar dan damai.

"Mengingatkan tentang STTP (Surat tanda terima pemberitahuan) terkait kampanye rapat umum agar pengajuan surat izin oleh partai politik jauh hari dari hari H pelaksanaan. Selain undang undang pemilu terdapat juga undang undang lain yang harus ditaati seperti UU lalu lintas dan angkutan jalan. Dalam pelaksanaan kampanye senantiasa aman tertib santun dan lancar," jelas Kapolres.

Komisioner Bawaslu Ade  Indra Sakti menghimbau kepada peserta Pemilu untuk selalu menaati kepada aturan yang ada, sehingga larangan atau segala bentuk pelanggaran tidak dilakukan.

"Kami selalu mengedepankan pencegahan. Agar tidak ada hal hal pelanggaran yang rentan seperti ujaran kebencian ataupun SARA dalam pelaksanaan kampanye.
Kita harap bersam harapkan agar situasi dan kondisi di daerah kita senantiasa kondusif sampai adanya keputusan dari kpu RI nantinya," imbuhnya.

Dalam rapat tersebut hadir juga perwalilan Parpol peserta Pemilu.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut