get app
inews
Aa Read Next : Polres Kampar Patroli Antisipasi Balap Liar Saat Asbuh

Penerapan P5 yang Sukses Diterapkan di SDN 035 Indrapuri Tapung

Kamis, 16 November 2023 | 18:44 WIB
header img
Program P5 di SDN 035 Tapung (Foto Ist)

iNewsPekanbaru.id - Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengagali pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. 

Dalam kegiatan proyek profil ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.

“Melalui Program Kepala Sekolah Inovator yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation  yang lounching pada  Sabtu, 5 Agustus 2023 bertempat di Aula UPT SDN 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung, maka lahirlah Kepala Sekolah – Kepala Sekolah yang memiliki Inovasi terkait tentang manajemen P5,” jelas  Muhammad Yudianto, Fasilitator daerah program PINTAR Penggerak Tanoto Foundation, Kabupaten Kampar

Ditambahkan  Muhammad Yudianto salah satu kepala sekolah adalah Rosmala Dewi, , selaku Kepala UPT SDN  035 Indrapuri,  Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau yang telah sukses melaksanakan P5 di sekolah yang ia  pimpin. Rosmala Dewi, yang merupakan salah satu peserta program kepala sekolah inovator. 

"Ia merupakan kepala sekolah yang sangat haus akan ilmu, serta memiliki komitmen yang tinggi dalam pendidikan,"katanya. 

Selama mengikuti program tersebut telah berhasil membuat  sebuah inovasi dalam manajemen P5 yang praktis dan efisien. Dipaparkannya, bahwa semenjak menggunakan manajemen praktis hasil inovasi ini maka pelaksanaan P5 di sekolah terasa mudah sehingga  yang terlibat tim dalam Pelaksanaan P5 menjadi bersemangat dan lebih dapat berkreasi dalam mengembangkan P5 dalam setiap fasenya. 


“Memang sudah melaksanakan P5 di sekolah, namun banyak kendala yang dihadapi terkait manjemen pengelolaan P5 ini,  mulai dari kesulitan dalam membentuk tim proyek, menata program kerja, serta menentukan alokasi waktu,” terang Rosmala Dewi. 

Tentunya dengan adanya kendala tersebut maka perjalanan pelaksanaan P5 belum sesuai dengan harapan yang diinginkan. Pelaksanaan P5 di UPT SDN 035 Indrapuri masih menuai kegagalan dimana P5 tersebut terlaksana namun tidak dengan maksimal. Tim  proyek belum terbentuk dengan baik  sehingga alur program kerja masih belum tertata.

Setelah mengikuti  Program Kepala Sekolah inovator  Rosmala Dewi sebagai Kepala UPT SDN 035 Indrapuri merasakan perubahan dan pencerahan dalam manajemen pengeloaan proyek. Ia memahami cara pengelolaan proyek yang baik dan terarah. Dengan bekal pengetahuan yang didapat dari Program Kepala Sekolah Inovator tersebut,beliau mencoba membuat inovasi dalam manajemen pengeloaan P5. 

"Inovasi yang beliau lakukan berkenaan dalam manajemen yang masih tergolong rumit dipahami oleh tim proyek sebagai pelaksana program, menjadi sebuah manajemen pengelolaan yang praktis dan mudah dipahami oleh tim proyek. Contoh inovasi adalah dalam perencanaan proyek karena dalam manajemen proyek ini yang bagian yang terpenting adalah perencanaan,"tuturnya. 

Jika perencanaan terancang dengan baik maka tahap selanjutnya akan mudah terlaksana dengan baik. Seperti dalam sebuah bangunan tahap perencanaan diibarakan seperti fondasi, jika fondasi terancang dengan baik maka tahap pembangunan beriutnya akan baik.

Pada tahap perencanaan ada beberapa langkah yang harus dirancang dan akan menjadi dasar pelaksanaan. Dalam P5 tahap perencanaan meliputi pembentukan tim, indentifikasi kesiapan, merancang tema proyek, dimensi dan alokasi waktu, menyusun modul dan strategi pelaporan. Oleh Rosmala Dewi, kesemuanya itu ia menyebutnya dengan istilah BIMA yang merupakan singkatan dari Bentuk, Identifikasi, Merancang, dan Atur. Bentuk dapat diterjemahkan dengan membentuk tim proyek, Identifikasi dapat diartikan kesiapan sekolah dalam melaksanakan proyek dengan menggunakan analisis SWOT, merancang dapat diartikan menyusun tema, dimensi, alokasi waktu dan modul, sedangkan Atur dapat diartikan mengatur strategi Pelaporan.

Manajemen BIMA ini mampu menyelesaikan permasahan yang dihadapi serta menjadi solusi untuk mengatasi kecemasan akan kegagalan dalam implemenasi P5 di UPT SDN 035 Indrapuri. 

"Dengan hadirnya inovasi menejemen BIMA dampak yang dirasakan tidak hanya oleh kepala sekolah dan guru saja, namun terkhusus lagi berdampak baik terhadap pesera didik. Dampak positif yang dirasakan oleh kepala sekolah yaitu memudahkan dalam melakukan pengelolaan proyek. Guru menjadi mudah memahami langkah dan alur kegiatan yang akan mereka lakukan sehingga proyek berjalan dengan baik dan terarah. P5 yang terarah tentunya pesera didik dapat mengikuti dengan baik pula,"pungkasnya.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut