Polres Rohul Gelar Persiapan Pengamanan Nomor Urut Paslon  

Ary Ritonga
KPU dan polisi di Rohul (Foto Ary)

Rokan Hulu, iNewsPekanbaru.id - Pihak kepolisian melakukan persiapan untuk melaksanakan pengamanan dalam pencabuputan nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) tahun 2024.

Untuk persiapan pengamanan, Polres Rohul melakukan kegiatan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning. Dalam kegiatan itu dipimpin Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono. Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pengundian nomor urut Paslon diadakan di Kantor KPU Rohul.

Ketua KPUD Rohul Cepi Abdul Husen memyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan penelitian hasil administrasi terhadap Paslon.

"Alhamdulillah sampai saat ini, tidak ada tanggapan masyarakat terhadap bakal pasangan calon," kata Cepi

 

Komisioner KPUD Rohul Divisi Teknis Eria Candra, menyampaikan,  dasar pelaksanaan PKPU No 08 Tahun 2024 dan  KPT KPU R1 Nomor: 1229 Tahun 2024 dan penyampaian mekanisme dan uraian rangkaian kegiatan pada saat Pengundian nomor urut oleh pasangan Bupati dan Wakil Bupati Rohul.

"Pada saat penetapan Paslon, KPUD Rohul akan melaksanakan pleno tertutup sedangkan pengundian nomor urut dilaksanakan dengan cara Pleno terbuka," ujarnya.

"Undangan dalam pengundian Nomor Urut Paslon, LO Paslon, Partai Pengusul, Forkopimda, Bawaslu, Tim pemenangan, Media dan Staf KPU," sambung Eric Candra salah satu Komisioner KPU

Dalam Rakor itu,  penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Rohul pada  Minggu (22/9/2024), di Ruang Rapat Kantor KPUD Rohul dilaksanakan secara Pleno tertutup.

Selanjutnya, pengundian dan pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon pada Senin (23/9/2024) di Lantai II Hotel Sapadia Pasir Pangaraian.

"Kerawanan dalam penetapan Paslon dan Pengundian Nomor Urut Paslon  Bupati dan Wakil Bupati Rohul tahun 2024, seperti adanya aksi konvoi, massa yang memaksa masuk ke tempat ruangan dan aksi teror di tempat kegiatan, itu harus kita antisipasi bersama."  Ujar Kapolres Rokan Hulu, Akbp Budi Setiyono Jumat (20/9/2024)

Dia menjelaskan adapun sasaran pengamanan meliputi manusia dan benda Paslon,  Komisioner KPU dan Bawaslu, LO dan simpatisan, Kantor KPU, Bawaslu, fasilitas umum dan kendaraan motor dan mobil.

"Untuk mengantisipasi banyaknya massa yang ingin masuk agar diberi tanda pengenal bagi tamu  undangan, masing - masing calon hanya bisa masuk ke lokasi ruangan sebanyak 10 Orang dan apabila ada aksi konvoi agar dilakukan koordinasikan dengan pihak kepolisian," ujarnya.

 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network