Polres Rohul Bentuk Tim Patroli Cyber Antisipasi Berita Hoaks Dalam Pilkada

Ary Ritonga
Kapolres Rohul (Foto Ist)

 

Rokan Hulu, iNewsPelkanbaru.id -  Dalam mewujudkan Pilkada serentak tahun 2024 yang aman dan damai, Polres Rokan Hulu membentuk Tim Patroli Cyber untuk memantau dan mengawasi akun Media Sosial (Medsos) siluman yang digunakan untuk menyebarkan berita hoax terkait Pilkada.

"Kami telah membentuk tim patroli cyber sesuai dengan bimbingan Kapolres Rohul dan sesuai jukrah dari Ditreskrimsus Polda Riau," kata Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono, melalui Kasat Reskrim Polres Rohul AKP Rejoice Benedicto Manalu Jumat (20/9/2024).

"Kami dan tim cyber Polres Rohul berkomitmen untuk menjaga dan memantau serta mengawasi media sosial agar bebas dari hoaks, SARA dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu tahapan Pilkada diwilayah hukum Polres Rohul ", jelas Akp Rejoice.

 

Lanjut Kasat Reskrim, sasaran utama dalam patroli cyber ini adalah media sosial, yang mana Tim Cyber akan memantau berbagai informasi dan isu terkait tahapan Pilkada.

 

" Tim Cyber akan mengumpulkan data dan mengelolanya guna mencegah tindakan cyber crime yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada ", tambahnya.

 

AKP Rejoice menambahkan, "Patroli cyber ini merupakan langkah kunci dalam menjaga keamanan dan integritas dalam Pilkada karena dengan ada nya patroli cyber ini, diharapkan dapat meminimalisir potensi ancaman cyber crime, baik kepada penyelenggara ataupun Paslon, sehingga Pemilukada dapat berjalan dengan aman, damai dan bermarwah ", ujarnya.

 

Maka dari itu, diingatkan kepada masyarakat baik, pendukung atau pun simpatisan Paslon agar bijak dalam bermedia sosial.

 

" Namun apabila ada yang terbukti menyerang salah salah satu paslon dengan berita Hoax dan memenuhi unsur hal tersebut, tentu dikenakan hukuman sesuai Pasal yang tertera dalam UU ITE dan dapat di pidana ", tegas AKP Rejoice.

Di lain kesempatan Kapolres Rohul Akbp Budi Setiyono, SIK, MH menyampaikan "Dalam Pilkada 2024 ini Mari kita jaga persatuan, meskipun berbeda pilihan tetapi inilah inti dari demokrasi yang sejati, serta jangan mudah terprovokasi Hoax terutama lewat sosmed." Ujar Kapolres Rohul.

Kapolres Rohul juga menegaskan seluruh personel Polres Rohul termasuk Tim Cyber siap mengawal  Pilkada 2024 agar berjalan aman, damai, lancar dan kondusif.

"Kami akan mengamankan setiap tahapan Pilkada 2024 termasuk lewat Tim patroli cyber dan diharapkan juga masyarakat semakin dewasa dalam bersosial media sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan aman, damai dan kondusif," tegas Kapolres.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network