get app
inews
Aa Read Next : Sakit Hati Sering Dibully, Santri di Siak Bakar 2 Temannya

Tim Gabungan Padamkan Karhutla di Rohul, Ditemukan Ban Bekas di Lokasi

Jum'at, 15 September 2023 | 14:44 WIB
header img
Karhuta di Rohul (Foto iNewsPekanbaru.id)

Rokan Hulu, InewsPekanbaru.id -  Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau, kembali terjadi. Petugas gabungan BPBD Rohul, TNI dari Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Sertu Jasman Purba dan Bhabinkamtibmas Polsek Rambah Bripka Yulizar berupaya menjinakan api.

Kebakaran terjadi sejak tadi malam. Petugas gabunganpun berjibaku untuk memadamkan api dan hari ini Jumat (15/9/2023). sijago merah sudah berhasil dijinakan.Bhabinkamtibmas Polsek Rambah Bripka Yulizar mengatakan, bahwa kebakaran yang terjadi diduga dibakar.

"Di lokasi lahan yang diduga dibakar, kami tim gabungan menemukan adanya beberapa ban bekas sepeda motor yang dugaan digunakan sebagai pemancing api tersebut," tegas Yulizar di lokasi karhutla yang ada di Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah, Jumat (15/9/2023).

Dia menjelaskan, penemuan titik api tersebut saat petugas sedang melakukan patroli Karhutla pada Kamis (14/9/2023) sore.

"Hari ini kami kembali melakukan pengecekan, untuk api hari ini sudah padam," jelas Yulizar.

Dia menambahkan, luas lahan yang telah di steking 1,5 hektar."Untuk luas lahan yang telah di steking 1.5 hektar, namun untuk yang di bakar diduga pemilik ada 3 sampai 4 jalur stekingan dengan panjang sekitar 70 sampai 80 meter," tegas Yulizar.

Ditempat yang sama, Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Sertu Jasman Purba, mengajak semua pihak agar turut mencegah Karhutla.Jasman Purba berharap, masyarakat dapat segera meninggalkan cara-cara membuka lahan dengan membakar yang dapat mengakibatkan bencana besar dan membahayakan jutaan nyawa 

"Kepada semua pihak, saya mengajak  agar tidak melakukan pembakaran jika membuka atau membersihkan lahan pertanian. Karena apabila terjadi karhutla, akan berdampak terhadap kesehatan maupun lingkungan," ucap Jasman Purba.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut