Rohil Terima Bantuan 24 Titik Perangkat VSAT dari Kementrian Kominfo

Yudi Saputra
Disdik Rohil (Foto Ist)

Rohil,iNews Pekanbaru.id- Dalam rangka mendukung pelaksanaan penyediaan infrastruktur layanan akses Internet dan Backhaul BTS di daerah blankspot, diperlukan adanya sewa layanan perangkat remote terminal ground segment akses Internet dan backhaul BTS BAKTI.

Untuk Kabupaten Rohil sendiri, berkat kerja keras Pemkab Rohil melalui Dinas Kominfotiks dibawah komando Indra Gunawan SE MH berhasil melobi Kementrian Kominfo RI untuk mendapatkan bantuan layanan internet tersebut.

Tak tanggung-tanggung, berkat Lobi tersebut, Kementerian Kominfo RI memberikan bantuan sebanyak 24 titik pemasangan layanan perangkat VSAT remote terminal ground segment sebagai user terminal SATRIA-1 di Kabupaten Rohil.

 

Bupati Rohil Afrizal Sintong melalui Kadis Kominfo Indra Gunawan SE MH saat dikonfirmasi, Selasa (17/9/2024) menyebutkan, pihaknya telah menerima surat pengantar pekerjaan penyediaan sewa layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) yang akan dilaksanakan di 24 lokasi yang terdiri dari sekolah, kantor kepenghuluan dan Koramil.

"Bantuan yang kita terima ini ada sebanyak 24 titik yang terdiri dari sekolah, kantor kepenghuluan serta Koramil," kata Indra.

Dengan adanya bantuan ini lanjut Indra, Bupati Rohil Afrizal Sintong sangat menyambut baik dan sangat bersyukur. Sebab katanya, Kementrian Kominfo selalu memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten Rohil yang memang masih banyak membutuhkan peningkatan jaringan internet.

Indra menerangkan bahwa, VSAT sendiri merupakan stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Dimana sebutnya, dengan adanya VSAT tersebut akan menyediakan jaringan internet dan lainnya di lokasi yang dipasang.

Bantuan VSAT dari Kementerian Kominfo itu tambah Indra, memiliki kecepatan internet yang cukup tinggi. Sehingga, nantinya seluruh sekolah dan kantor-kantor yang menjadi lokasi pemasangan akan dapat mengakses internet dalam waktu dekat.

"Hal ini tentunya akan membantu membuka akses telekomunikasi di daerah kita ini," ujar Indra. Bahwa kami terus fokus bekerja untuk memberikan pelayanan terbaik dibidang telekomunikasi bagi seluruh wilayah Rokan Hilir. Namun tetap secara bertahap.

Berikut 24 lokasi pemasangan layanan internet dari Menteri Kominfo RI.

1. SD Negeri 002 Raja Bejamu

2. SD Negeri 001 Sinaboi

3. SD Negeri 005 Raja Bejamu

4. SDS Methodist Rimba Melintang

5. SD Negeri 004 Teluk Pulau

6. SDS Pertiwi Panipahan

7. SD Negeri 001 Panipahan

8. SD Negeri 006 Panipahan

9. SD Methodist

10. SD Swasta Yayasan Kh. Ali

11. SMP Negeri

12. SD Negeri 035

13. Kantor Kepenghuluan Akar Belingkar

14. Kantor Lurah Rantau Kopar

15. Kantor Kepenghuluan Bagan Cempedak

16. Kantor Lurah Sungai Rangau

17. SD Negeri 008

18. Kantor Kepenghuluan Darussalam

19. Kantor Kepenghuluan Raja Bejamu.

20. SD Negeri 011

21. Kantor Kepenghuluan Pematang Damar

22. Kantor Kepenghuluan Sungai Tapah

23. Koramil 04/Kubu

24. Koramil 03/Bagan Sinembah

 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network