get app
inews
Aa Read Next : Polres Kampar Patroli Antisipasi Balap Liar Saat Asbuh

Pembelajaran Menggunakan Canva, Cara Jitu untuk Memotivasi Siswa Belajar Bahasa Inggris

Minggu, 03 Desember 2023 | 19:40 WIB
header img
Cara Jitu Agar Siswa Mau Belajar Bahasa Inggris (Foto Ist)

iNewsPekanbaru.id - Masa Pandemi Covid 19  sudah berlangsung selama tiga tahun. Masa itu bukanlah waktu yang singkat aktivtas  belajar berada pada masa dimana orang-orang tidak bisa beraktifitas dan berinteraksi dengan jarak dekat. Begitu juga yang terjadi pada proses pembelajaran. Akhirnya kebijakan pembelajaran jarak jauh (online) pun diambil.

Namun akibat dan pengaruh dari pembelajaran jarak jauh tersebut berdampak hingga kini bahkan begitu terasa efeknya. Tidak dapat dipungkiri lagi dan sangat nyata dampaknya pada hasil belajar siswa pada umumnya, tidak terkecuali di SMPN 1 Sungai Apit.

Lila Dalila, S.pd guru Bahasa Inggris SMPN Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau mengatakan, perbedaan yang nyata dari hasil pembelajaran sebelum dan sesudah pandemi di sekolah terutama bagi siswa kelas 9 sangat signifikan. Tidak hanya dari hasil pembelajaran tetapi juga diikuti dengan menurunnya motivasi belajar siswa yang begitu drastis, sehingga dirinya sebagai guru harus berfikir keras untuk membangkitkan minat belajar mereka.

“Saya menyadari selama pandemi para siswa belajar tidak seperti biasa yakni bersekolah online yang tentunya gadget dan teknologi adalah penghubungnya. Hampir setiap hari mereka melakukan aktifitas formal maupun non formal menggunakan handphone selama lebih dari dua tahun, hal ini cukup berperan untuk mengubah sifat dan kebiasaan para siswa,” jelas Lila yang juga merupakan Fasilitator Daerah Tanoto Foundation.

Lila menambahkan siswa cendrung individualis, tidak peka terhadap lingkungan sosial, malas bergerak dan bertranformasi menjaid kaum rebahan dan sayangnya  kebiasaan ini terus berlanjut hingga saat ini dan cendrung sulit untuk dirubah.

“Atas dasar ini saya berfikir untuk tetap memanfaatkan teknologi pada pembelajaran tatap muka guna mendorong minat dan motivasi mereka dalam belajar. Dengan harapan mereka akan bersemangat untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan,” ujar Lila yang telah menjadi guru selama 16 tahun.Canva adalah salah satu aplikasi yang Ia gunakan untuk siswa dalam membuat tugas pada materi Procedure Text di sekolah. Membuat resep makanan atau minuman contohnya. 

“Mereka sangat bersemangat dan antusias sekali ketika mendapat tugas dari saya untuk membuat teks resep. Dengan lihainya jari jemari mereka menari-nari diatas keyboard untuk menghasilkan desain teks resep yang diinginkan. Tentunya terlebih dahulu saya terangkan bagaimana penggunaannya dan tidak sulit bagi mereka untuk mengerti. Alhasil dalam waktu singkat mereka sudah cukup mengerti,”ujar Lila.

Selain memiliki desain yang menarik dan variatif, aplikasi canva juga memudahkan siswa didalam membuat dan memahami teks prosedur resep. Dan tak kalah pentingnya lagi canva  ini membuat mereka bersemangat dan termotivasi untuk menghasilkan resep-resep dengan tampilan yang lebih menarik dan berwarna sehingga memudahkan juga bagi mereka ketika presentasi di depan kelas.

“Sebagai guru tentunya saya sangat senang ketika melihat siswa-siswi mulai bergairah lagi dalam belajar dan termotivasi untuk selalu belajar dan belajar. Ternyata disamping kelemahan dan pengaruh negative dari penggunaan HP dan belajar online selama ini, bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kekuatan untuk mendorong motivasi siswa guna percepatan didalam mengejar pelajaran mereka yang tertinggal,”ujar Lila.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut