get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Pembunuh Pensiuanan PTPN V Supirnya, Motif Ingin Kuasai Mobil

Cerita Luhut Pandjaitan Disuruh Masuk ITB, Pilih Jadi Tentara Usai Lihat Sosok Penguasa Pekanbaru

Senin, 21 November 2022 | 15:06 WIB
header img
Cerita Luhut Panjaitan pilih jadi tentara meski disuruh ayah masuk ITB. (foto/sumber : iNews.id)

JAKARTA, iNewsPekanbaru.id - Kisah Luhut Binsar Pandjaitan mengaku sempat disuruh ayahnya untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun, sang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) ini malah memilih menjadi tentara.

Hal itulah yang membuat sang ayah sempat tak merestui niatan Luhut menjadi tentara. Dalam sebuah podcast, Luhut Pandjaitan pun menerangkan alasannya lebih memilih jadi tentara ketimbang masuk ITB.

Dikaetahui, Jenderal TNI (Hor) Purnawirawan Luhut Pandjaitan masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) bagian darat pada 1967. Ia menempuh pendidikan hanya dalam rentang waktu 3 tahun saja.

Kemudian, Luhut Pandjaitan dinobatkan sebagai lulusan terbaik pada 1970, tepat 3 tahun . Pria kelahiran Simargala, Huta Namora, Silaen, Toba Samosir, Sumatera Utara 28 September 1947 itu meraih penghargaan Adhi Makayasa.

Diakui Luhut, ayahnya menginginkan dia kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Sang ayah rupanya tidak suka jika putranya menjadi tentara.

Karena tak mau membuat ayahnya marah, Luhut Pandjaitan mengaku sempat mendaftar di ITB dan juga di Akmil. Namun ternyata, dia kebuuru diterima di Akmil.

"Tapi saya ya mendaftar juga, tapi kebetulan diterima di Akmil lebih dulu," ungkap Luhut Pandjaitan, dikutip dari Youtube Agak Laen Official.

Putra pertama dari lima bersaudara pasangan Bonar Pandjaitan dan Siti Frida Naiborhu ini mengaku masuk dunia militer adalah keinginan diri sendiri, tidak ada paksaan dari siapapun.

"Ya saya sendiri. Ayah saya tidak suka saya jadi tentara," imbuhnya.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut