Mantan Napi Korupsi Pimpin Pemenangan Balon Gubernur Riau Abdul Wahid

Nanda
Arwin AS (Foto Antara)

iNewsPekanbaru.id- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggadang-gadangkan mengusung Abdul Wahid untuk bertarung dalam Pilkada Gubernur Riau. Abdul Wahid yang kini menjabat anggota DPR RI sudah memiliki pemimpin untuk tim pemenangannya.


Bakal Calon (Balon) Gubernur Riau Abdul Wahid menyatakan  sudah menunjuk ketua pemenangan untuk memuluskannya dalam Pimilihan Gubernur (Pilgub) Riau.
Wahid yang merupakan Ketua DPD PKB Riau menegaskan bahwa setelah melakukan diskusi, disepakati menunjuk Arwin AS, sebagai Ketua Tim Pemenangan.   Arwin sendiri merupakan mantan Bupati Siak.

"Ini (penunjukan Arwin) hasil diskusi dengan beberapa tokoh disepakati Pak Arwin untuk (ketua) tim besarnya," kata Wahid kepada MNC Portal Senin (3/6/2024).

Arwin sendiri pernah terjerat kasus korupsi kasus kehutanan dalam penerbitan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu pada Hutan Tanaman (IUPHHK-HT) tahun 2001-2003 terhadap sejumlah perusahaan di Siak oleh KPK (Komisi Pemberatasan Korupsi.

Dalam kasus saat itu, Arwin AS merugikan negara Rp301 milar. Hakim Tipikor saat menjatuhkan vonis pidana 4 tahun penjara pada tahun 2012. Kini sudah bebas. 

Terkait status Arwin pernah terlibat kasus korupsi, Abdul Wahid tidak mempersoalkannya. Wahid menegaskan kalau Arwin merupakan salah satu tokoh Riau yang mempunyai segudang pengalalaman.

"Itu masa lalu (Arwin mantan napi korupsi). Itu soal kebijakan saja. (Pemilihan Arwin)  dengan pengalaman beliau dan ketokohan beliau," pungkas anggota DPR RI Dapil Riau ini,"tukasnya.

Sejumlah nama lain yang digadang gadangkan maju dalam Pilkada Riau adalah Syamsuar, mantan Gubernur Riau. Kemudian Edy Nayar mantan Wakil Gubernur Riau yang juga pernah menjabat Plt Gubernur Riau kemudian politisi Demokrat M Nasir.

Dalam Pilkada Riau, PKB tidak bisa serta serta merta mengusung Wahid karena kursi di dewan tidak mencukupi. PKB harus berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung Wahid. Saat ini PKB masih mencari partai lain untuk berkoalisi.

"Lagi proses (proses koalisi),"tukasnya.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network