get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Riau Bersama Danrem Tinjau Banjir Rohul, Tinjau Sembari Salurkan Bantuan

Sekolah Terendam Banjir Selama Sebulan, Siswa SMA 2  Bonai Darussalam Terpaksa Berpindah pindah Bela

Jum'at, 01 Desember 2023 | 19:12 WIB
header img
Banjir di Rohul Sebabkan Siswa SMA 2 Bonai Ngungsi Belajar

Rokan Hulu iNewsPekanbaru.id - Hujan deras yang mengakibatkan meluapnya air Sungai Rokan membuat fasilitas umum seperti sekolah SMA Negeri 2 Bonai Darussalam di Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, terendam banjir selama 1 bulan.

Ketinggian air yang menggenangi lokasi sekolah diperkirakan mencapai 35 hingga 50 sentimeter.Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Peltu M. Sitepu mengatakan, banjir yang menggenangi sekolah terjadi sejak Selasa 31/10/2023.

"Banjir yang menggenangi sekolah ini lebih kurang satu bulan," kata Peltu M. Sitepu, Jumat (1/12/2023).

Dia menambahkan, saat ini proses belajar mengajar dilaksanakan di Gedung Taman Pembaca Al-Qur'an yang ada di desa tersebut. 

"Pertama sekali sekolah digenangi banjir proses belajar mengajar dilakukan di kantin, setelah BPBD Rohul mendirikan tenda lapangan, proses belajar mengajar pindah di bawah tenda,"

"Setelah beberapa hari belajar di bawah tenda lapangan, air mengalami peningkatan dan proses belajar kembali pindah ke gedung taman pembaca Al-Qur'an. Kalau saya hitung sudah ada tiga kali proses belajar mengajar berpindah," jelasnya.

Peltu M. Sitepu mengatakan, diduga lokasi sekolah berada di areal yang rendah.

"Sekolah SMA Negeri 2 Bonai Darussalam selesai dibangun sekitar tahun 2022 dan di gunakan menerima ajaran baru sekitar tahun 2023. Diduga Sekolah ini berada di areal yang rendah," tegas Peltu M. Sitepu.

Peltu M. Sitepu berharap, kedepan ada pihak terkait dapat membantu dalam mencari solusi agar proses belajar mengajar di wilayah teritorialnya dapat berjalan dengan baik.

"Saya berharap kepada pihak terkait, kiranya dapat membantu sekolah SMA Negeri 2 Bonai Darussalam agar tidak terdampak banjir lagi dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik," bebernya.

Selain fasilitas umum seperti sekolah, ada sebanyak 8 rumah warga ikut di rendam banjir.

"Selain fasilitas umum seperti sekolah, ada 8 rumah warga yang ada di RT 3 RW 2, ikut terendam banjir. Banjir yang menggenangi rumah warga sudah 17 hari," tutupnya.

Sebelumnya, para pelajar SMA 2 Bonai Darussalam belajar di kantin kemudian pindah ke tenda yang dibuat BPBD Rohul.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut