get app
inews
Aa Read Next : KH Suyoto: Perempuan Boleh Jadi Pemimpin di Siak

Terapkan Profil Pelajar Pancasila SMPN 3 Siak Kembangkan Bank Mini di Sekolah 

Rabu, 25 Oktober 2023 | 18:49 WIB
header img
SMPN 3 Siak membentuk Bank mini yang dikelola secara profesional (Foto IST)

SIAK, iNewsPekanbaru.id - SMP Negeri 3 Siak terletak di Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Provinsi Riau tepatnya di jalan Buantan Besar merupakan sekolah penggerak sejak tahun 2021. Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

SMPN 3 Siak telah menjalankan program dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila yang mencakup 6 dimensi yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berkebhinekaan global, gotong royong, kreatif, mandiri dan bernalar kritis.

Kepala Sekolah SMPN 3 Siak Marlinda Rosa, mengatakan program-program yang sudah dilaksanakan disekolah ini ditujukan untuk perkembangan peserta didik dalam pencapaian profil pelajar Pancasila. 

“Salah satu program terbaru yang saat ini sedang berlangsung di SMPN 3 Siak ini adalah program menabung sejak dini,” jelas Marlinda Rosa yang juga merupakan Fasilitator Daerah Program PINTAR Tanoto Foundation Rabu (25/10/2023).

SMPN 3 Siak membentuk Bank mini yang dikelola secara profesional, karena kepengurusannya dikelola oleh guru-guru IPS, PKN, BK dan kepala sekolahnya memiliki latar belakang sarjana ekonomi Akuntansi.  

“Pengurus Bank mini ini di ketuai oleh  Muslinar guru IPS SMP Negeri 3 Siak yang bekerja sama dengan timnya dalam mengkoordinir pelaksanaan program ini. Kekuatan kita di SMPN 3 SIAK memiliki SDM mulai dari kepsek yang memiliki latar belakang sarjana ekonomi akuntansi, guru-guru sarjana ekonomi ada 3 orang dan guru PKN dan BK,” tutur Marlinda Rosa.

Dengan kepengurusan yang tepat dibidangnya masing-masing, siap mendampingi dalam penguatan karakter dan memberikan pemahaman tentang pelayanan prima serta guru Matematika yang sudah berpengalaman dalam mengelola keuangan. Disamping itu juga SMPN 3 Siak mempunyai siswa-siswa yang kreatif dan aktif serta memiliki semangat yang tinggi untuk selalu ingin berkreatifitas dan berinovasi.

Dalam menjalankan program ini banyak hal pembelajaran yang baik bisa didapatkan oleh siswa SMPN 3 Siak mulai dari mengajarkan mereka hidup hemat dengan cara menabung sejak dini selain itu siswa juga di ajarkan membuat pembukuan sederhana di Bank Mini Cerdas Hemat (BMC) SMPN 3 Siak sesuai dengan tugasnya masing ada sebagai teller bank, customer service dan bagian laporan keuangan bank.

Program ini juga memiliki tantangan, seperti  dalam memberikan pemahaman kepada siswa   tentang pentingnya menabung dan membudayakan hidup hemat dan cermat dalam menyisihkan uang jajannya, karena uang jajan mereka rata-rata  2.000 - 10.000 jumlah yang tidak besar.  “Tetapi dari yang kecil itulah nantinya akan menjadi besar,” kata Marlinda Rosa.

Selain tantangan dari siswa, Pengurus BMC juga memiliki dukungan dari orang tua siswa dan bapak ibu guru dan tenaga kependidikan SMPN 3 Siak, yang siap selalu mensukseskan program ini dilaksanakan dalam BMC SMPN 3 Siak.

“Mau tau aktivitas BMC SMPN 3 Siak seperti apa? silahkan berkunjung ke SMPN 3 Siak atau bisa dilihat juga di YouTube LENSA SMPN3SIAK, Facebook SMPN 3 Siak, tutur Marlinda Rosa.


 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut