get app
inews
Aa Read Next : Pesan Bluebird Pakai WhatsApp, Kenapa Tidak?

Tanoto Foundation Kolaborasi dengan iNewsPekanbaru.id Latih Guru Menulis di Siak

Rabu, 11 Oktober 2023 | 09:54 WIB
header img
Tanoto Foundation Kolaborasi dengan iNewsPekanbaru.id Untuk Pelatihan Menulis Guru dan Kepsek di Siak (Foto Ardi)

iNewsPekanbaru.id -Tanoto Foundation berkolaborasi dengan iNewsPekanbaru.id untuk memberikan pelatihan menulis artikel kepada guru SD dan SMP mitra Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR) di Kabupaten Siak.

Pelatihan digelar di salah satu ruangan gedung SMPN 2 Siak, Kampung Dalam, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau Selasa (11/10/2023). Kegiatan ini diikuti sejumlah guru dan kepala sekolah Fasda di Siak.

Sri Wahyuni sebagai District Coordinator Tanoto Foundation Siak mengatakan pelatihan menulis ini bertujuan untuk menyegarkan kembali minat para pendidik untuk mendokumentasikan praktik baik yang sudah diterapkan di sekolah.

“Kami berharap dengan dilakukan pelatihan menulis cerita praktik baik ini akan mencerahkan kembali minat dan ketertarikan para pendidik untuk mendokumentasikan praktik baik yang telah mereka lakukan di sekolah seperti pembelajaran litarasi dan numerasi serta pengembangan manajemen berbasis sekolah,” tutur Sri Wahyuni.

Program PINTAR Tanoto Foundation di Provinsi Riau sudah berjalan sejak tahun 2018. Dalam perjalanannya, telah banyak produk praktik baik dari sekolah maupun dari district yang dapat menginspirasi satu sama lain. Dengan demikian praktik baik harus terdokumentasi dan dipublikasikan dengan baik dan benar oleh Fasilitator daerah Komunikasi (guru/kepala sekolah), agar bisa menginspirasi banyak orang.

Untuk mewujudkan kemampuan dokumentasi dan publikasi tersebut, maka dipandang perlu melakukan pelatihan cara penulisan artikel dengan narasumber profesional di bidang penulisan dan publikasi.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk menyebarluaskan praktik baik, Tanoto Foundation Riau kembali berkolaborasi dengan iNewsPekanbaru.id dalam hal pendampingan menulis artikel praktik baik dan gagasan pendidikan oleh fasilitas sekolah yang didampingi oleh jurnalis atau redaktur iNewsPekanbaru.id.

Banda Haruddin Tanjung, Redaktur iNewsPekanbaru.id yang menjadi nara sumber mengatakan, dukungannya untuk membantu para guru dalam meningkatkan kemampuan menulis dan menyebarluaskan praktik baik yang ada di sekolah. "Kita lihat minat guru untuk menulis artikel penulisan sudah cukup bagus.  Beberapa contoh tulisan yang mereka tunjukan sudah cukup baik, tinggal ada beberapa perbaikan saja," imbuhnya.

Untuk diketahui pelatihan ini telah diadakan di 5 Kota/Kabupaten Mitra Program PINTAR Tanoto Foundation seperti Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kampar  dan Siak serta diikuti lebih dari 50 peserta yang tergabung dalam fasilitator daerah komunikasi terdiri dari guru dan kepala sekolah SD/MI dan SMP/MTS. 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut