get app
inews
Aa Read Next : 2 Pesawat Tempur Lanud Roesmin Nurjadin Dikerahkan ke Selat Malaka, Ini Misinya

Kisah Percobaan Pembunuhan Raja Malaka Oleh Majapahit

Minggu, 25 September 2022 | 06:18 WIB
header img
Gajah Mada (Foto IST)

JAKARTA, iNews.id - Raja Majapahit pernah berencana melakukan pembunuhan Raja Malaka. Ini bertujuan supaya Malaka jatuh ke tangan Majapahit.

Enung Nurhayati dalam buku 'Gajah Mada Sistem Politik dan Kepemimpinan' mengatakan kisah tersebut termuat dalam Hikayat Hang Tuah. Hikayat itu mengisahkan Raja Majapahit meminta Gajah Mada menyusun strategi pembunuhan Raja Malaka.  Gajah Mada pun segera menyusun skenario berdasarkan perintah raja. Dia merencanakan pembunuhan Raja Malaka dan empat orang pembesarnya yang datang ke Majapahit.

Namun skenario pembunuhan itu gagal. Gajah Mada pun tak patah arang. Dia membesarkan hati sang raja untuk menyusun skenario pembunuhan Raja Malaka berikutnya. Gajah Mada yakin dengan kekuatan dan strategi yang dimilikinya bisa membunuh Raja Malaka. 

Raja Majapahit pun mengusulkan kepada Gajah Mada agar momen pernikahan putrinya dengan Raja Malaka dijadikan kesempatan untuk menghabisi nyawa penguasa Malaka itu. Pesta pernikahan Raja Malaka dengan putri Raja Majapahit pun digelar. Gajah Mada bersiap melancarkan skenario pembunuhan. Namun Gajah Mada lagi-lagi gagal. Kegagalan berulang itu membuat Raja Majapahit kecewa. 

Namun bukan Gajah Mada kalau tidak bisa meyakinkan sang raja. Cerita ini terukir dalam hikayat Hang Tuah dengan tulisan "Ya tuanku, sabar juga dahulu, yang akan mengenai kiai Tiga itu atas pateklah, kerena banyak lagi prajurit yang kepetangan patek peliharakan. Indah apatah membunoh kiai Tuah itu dan segala Melayu lima orang itu, selang negeri besar - besar lagi dapat dialahkan? Adapun pekerjaan anak anda juga tuanku bicarakan, supaya main kita jangan ketara, karena Melayu itu bijaksana". 
Rencana Gajah Mada membunuh Raja Malaka pun diketahui kerajaan. Namun Gajah Mada yang pandai dan cerdik, menyampaikan tak ada maksud sama sekali menghabisi nyawa Raja Malaka.  Dia malah berpura-pura tidak tahu tentang rencana percobaan pembunuhan. Justru Gajah Mada dan Majapahit menyebut berhutang budi kepada Hang Tuah. "Ayoh anak Tun Tuah, banyak kita berhutang kasih kepada anak Tuah. Jikalau lambat anak Tuah menikam juga, nescaya matilah manira ditikamnya, karena manira orang tua tiada berperang,"  Kisah Hikayat Hang Tuah itu berarti, "

Ayoh anak Tun Tuah, banyak kita berhutang kasih kepada terhadap anak Tuah. Jikalau terlambat anak Tuah menikamnya, niscaya matilah manira ditikamnya, karena manira ibu bapa yang tidak berdaya".

https://jatim.inews.id/berita/kisah-gajah-mada-dan-siasatnya-yang-gagal-membunuh-raja-malaka

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut