Tentara Disebut Gerombolan, Jendral Dudung Tegaskan TNI Punya Harga Diri

Nanda
.
Rabu, 14 September 2022 | 20:07 WIB
Jendral Dudung saat berada di Bengkalis Riau (Foto IST)

Pekanbaru Inews.id - Effendi Simbolon anggota DPR dari Komisi I,  melontarkan kata kontroversial yang menyebut TNI sebagai gerombolan. Terkait hal tersebut Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurahman menegaskan, TNI mempunyai harga diri.

"Menurut saya memang beliau punya hak konstitusional sebagai anggota dewan, tetapi kami TNI, khususnya TNI AD punya kehormatan dan harga diri," kata pucuk pimpinan TNI AD saat berada di Bengkalis, Provinsi Riau Rabu (14/9/2022).

Effendi Simbolon, politisi dari Fraksi PDI Perjuangan hari ini sudah menyatakan permintaan maaf. Ucapanya permintaan maaf yang telah menyinggung institusi TNI  saat menggelar konfrensi pers. 

Dia menegaskan bahwa TNI memiliki banyak tugas baik perang dan perang demi kedaulatan NKRI. Prajurit TNI tidak mau terganggu dengan hal hal seperti itu. Dudung menyatakan bahwa TNI AD memiliki tugas utama membantu rakyat di seluruh wilayah operasi, sehingga kasihan prajurit bila masalah tersebut terus-terusan dikembangkan.

"Kami TNI AD melaksanakan tugas-tugas baik di daerah operasi maupun tugas-tugas lainnya untuk membantu rakyat ini luar biasa. Kasihan prajurit-prajurit kita," jelas jendral bintang empat ini.

Namun dia menyakini bahwa ucapan dari Efendi merupakan sikap individu dan tidak mewakili DPR I dan juga partai.

"Saya yakin ini bukan sikap dari DPR Komisi I, apalagi wekali Partai PDI P yang dikenal dengan partai wong cilik,"tukas jendral Dudung.

Editor : Banda Haruddin Tanjung
Bagikan Artikel Ini