Kadinsos Ingatkan Masyarakat Pekanbaru Tidak Berikan Sumbangan Gepeng di Jalanan

icah
Ilustrasi gelandangan dan pengemis

PEKANBARU,iNEWSPekanbaru.id - Guna mengantisipasi menjamurnya gelandangan dan pengelis (gepeng), pihak Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat agar tidak membiasakan diri memberikan sumbangan kepada gepeng di jalanan.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus, M.Ag mengatakan, kebiasaan masyarakat yang memberikan sumbangan tersebut salah satu faktor menjamurnya gepeng di Kota Pekanbaru.

"Kita tidak bosan-bosan mengingatkan masyarakat agar tidak memberikan sumbangan kepada pengemis di jalanan. Kebiasaan itu dapat membuat mereka (gepeng) menjadi malas untuk bekerja," ujar Idrus.

Idrus mengapresiasi masyarakat yang kerap bersedekah, namun dirinya menyarankan salurkanlah pada lembaga zakat seperti Baznas.

"Salurkanlah infaq, sedakah dan zakat itu ke Baznas Kota Pekanbaru. Kalau kita tetap memberikan sedekah kepada mereka, berarti kita menginginkan mereka tetap menjadi pengemis dijalanan," kata Idrus.

Idrus melanjutkan, pihaknya selama ini rutin melaksanakan razia gepeng yang ada diberbagai ruas jalan Pekanbaru. Selain razia, pihak Dinsos juga memberikan pelatihan untuk gepeng, dengan tujuan agar mereka tidak kembali kejalanan.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network