Polres Inhu dan TNI Gelar Operasi Penertiban Penambangan Emas Ilegal

Rahmad Riski
Operasi PETI di Inhu (Foto Ist)

Inhu, iNewsPekanbaru.id - Tim gabungan dari Polres Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau bersama Polsek Kelayang dan TNI dari Koramil 01 Pasir Penyu telah melaksanakan operasi penertiban aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI). Operasi ini dilakukan di wilayah Desa Pasir Beringin, Kecamatan Kelayang, dan Desa Lubuk Sitarak, Kecamatan Rakit Kulim.

Dalam operasi ini, tim gabungan berhasil mengamankan sebanyak 4 unit rakit atau pocai serta peralatan penambangan emas. Namun para pelaku berhasil kabur saat akan ditangkap dan saat ini dalam pengejaran.

Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya, menegaskan bahwa setelah berhasil mengamankan peralatan untuk penambangan ilegal, petugas langsung memusnahkannya.

"Operasi ini kita lakukan bersama dengan pihak TNI. Barang bukti yang dimusnahkan ada 4 unit pocai," kata Kapolres Inhu pada Kamis (4/8/2023).

Operasi ini melibatkan puluhan personel gabungan yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Inhu, Kompol Dodi Zulkarnain Hasibuan. Petugas mulai menyisir aliran sungai Indragiri di Desa Pasir Berangin dan Lubuk Sitarak dengan mengerahkan 8 unit kendaraan roda empat dan 15 unit kendaraan roda dua.

Sekitar pukul 11.45 WIB, tim gabungan berhasil menemukan 4 unit pocai di tengah sungai di Desa Pasir Berangin, namun pemilik dan pekerja dikabarkan telah melarikan diri. Kemudian, Kabag Ops bersama tim melakukan mediasi dengan perwakilan Desa Lubuk Sitarak, Azhari, dan Kasi Pemerintah, Candra Efendi, sebelum dilakukan pemusnahan 4 unit pocai tersebut dengan cara dibakar.

Dalam kegiatan ini, polisi menghimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak melakukan aktivitas PETI. Barang bukti yang disita dan dimusnahkan termasuk karpet permadani, ember, kunci perkakas, mesin diesel, dan lainnya.

"Kami juga akan melakukan penyelidikan terhadap pemilik barang bukti," tambahnya.

Turut serta dalam operasi penertiban PETI ini, Kasiwas Polres Inhu, AKP Aman Aroni, S.Sos., Ianit IV Sat Intelkam Polres Inhu, Iptu Agus Ferinaldi, Kanit Bimas Polres Inhu, Iptu M. Didis, Kanit IV Sat Reskrim Polres Inhu, Iptu Danil Syahriantoni, Kanit Patwal Sat Lantas Polres Inhu, Ipda Rahmat Hidayat.
Kepala SPKT Polres Inhu, Ipda Manurung, Kasikum Polres Inhu, Ipda Hendri Ahmad, Danramil 01 Pasir Penyu, Kapten Inf. Bambang Kosasi Tarigan, serta puluhan personel Polres Inhu dan Polsek Kelayang, ditambah 10 personel TNI, juga turut serta dalam operasi ini.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network