KPU Riau Lantik 858 Anggota PPK, 2 Berhalangan 

Nanda
KPU Riau Lantik 588 Anggota PPS (Foto Nanda)

PEKANBARU iNews.id - Sebanyak 858 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di masing-masing 12 KPU kabupaten dan kota di Riau dilantik. Mereka dilantik bersamaadi di sebuah hotel di Pekanbaru

Ketua KPU Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasird menjelaskan dari 860 orang anggota PPK terpilih untuk 172 kecamatan, yang dilantik baru 858 orang, sementara 2 orang lainnya berhalangan hadir dan akan dilaksanakan pelantikan susulan. 

"Bagi anggota PPK yang berhalangan hadir pada pelantikan  1 orang anggota PPK dari Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu belum dilantik karena yang bersangkutan sedang mengikuti ujian skripsi dan 1 orang anggota PPK dari Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti belum dilantik karena sedang menjalankan ibadah umroh akan dilaksanakan pelantikan susulan,” ujar Ilham.

"Saya meminta kepada anggota PPK yang telah dilantik untuk bekerja dengan profesional. Tahapan Pemilu sudah berlangsung. Segera pahami regulasi dan koordinasi dengan para pihak untuk menyukseskan tahapan Pemilu di tingkat kecamatan," sambung Ilham.

Sementara Ketua Divisi SDM KPU Riau, Nugroho Noto Susanto melalui sambungan telepon menjelaskan keterwakilan perempuan dari 860 anggota PPK terpilih.

“Dari data yang dilaporkan ke KPU Provinsi Riau dari 860 PPK terpilih, anggota  ppk laki-laki lebih banyak dari pada perempuan yaitu 680 orang atau sebanding dengan 79%, sedangkan sisanya 180 orang atau 21% merupakan  perempuan,” jelas Nugroho.

Nugroho mengungkapkan tingkat usia yang bervariasi dari 860 orang PPK tersebut. Anggota PPK termuda ditemukan di Kabupaten Rokan Hulu dengan usia 18 Tahun, sedangkan PPK dengan usia tertua ditemukan di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru yaitu 62 Tahun.

Nugroho juga menambahkan, kebutuhan pendaftar calon PPS di 4 desa di Bengkalis sudah terpenuhi, sehingga seluruh desa/kelurahan di Riau sudah terpenuhi pendaftarnya.

“KPU Kab/Kota se-Riau segera melalukan verifikasi administrasi calon PPS. Semua kebutuhan pendaftar telah terpenuhi. Pengumuman penelitian administrasi calon PPS pada 6-8 Januari 2023, dan nanti yang lulus administrasi, akan mengikuti tes tulis pada 9 s.d 14 januari 2023,” pungkas Nugroho.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network