get app
inews
Aa Read Next : DPRD Riau Panggil PT BSP Terkait Ledakan yang Menyebabkan Korban Pekerja Migas

Laskar Melayu Bersatu Gelar Aksi Demo di Kantor DPRD Riau, Ini Tuntutannya

Kamis, 09 Juni 2022 | 21:13 WIB
header img
LLMB Riau demo di depan Kantor DPRD Riau

Pekanbaru iNews.id -Sekitar seribuan massa dari Laskar Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Riau bersama Ormas Melayu lain melakukan aksi demo di Kantor DPRD Riau di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru. Kedatangan mereka untuk menyuaran adanya kelompok yang dinilai merusakan tatanan Riau.

Awalnya mereka akan melakukan aksi di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Riau, namun karena suatu pertimbangan, demo di pusatkan di depan Kantor DPRD Riau.

Dalam orasinya, Panglima Besar (Pangbes) LLMB, Datuk Ismail Amir, menegaskan kalau aksi ini dilatarbelakangi adanya aksi demo sebelumnya oleh salah satu Ormas yang dinilai menginjak-injak harkat dan martabat Bangsa Melayu.

"Aksi damai yang kita lakukan bertujuan untuk membela harkat martabat Melayu yang sudah diinjak-injak oleh salah satu Ormas yang melakukan demonstrasi di depan Kejati Riau beberapa waktu lalu," ujar Datuk Ismail, Kamis (9/6/2022).

Dilanjutkannya, pembelaan yang dilakukan oleh laskar LLMB dan ormas Melayu lainnya adalah kepada pucuk Pimpinan tertinggi gelar Adat Dt. Seri Setia Amanah yang melekat kepada Gubernur Riau.

Dt. Ismail juga menegaskan tidak ada unsur politik dalam aksi damai yang mereka lakukan, hal ini murni bentuk pembelaan terhadap Marwah Melayu yang saat 

"Kita hanya ingin menunjukkan kalau Bumi Melayu ini negeri yang bertuan. Kalau masalah hukum biarlah pihak berwenang yang menyelidiki kebenarannya dan dia meminta tak ada intervensi dari pihak manapun.Kalau nanti setelah ini ada aksi tandingan, kita akan datangkan lagi massa yang lebih banyak," tegasnya.

Untuk itu dia menegaskan mendukung aparat hukum bekerja sesuai dengan aturan perundang-undangan, namun tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun yang punya kepentingan ekonomi dan politik.

Sementara itu, salah satu anggota DPRD Riau  Robin Hutagalung yang menemui massa. Dia berjanji akan meneruskan tuntutan massa kepada pihak yang berkompeten.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut