get app
inews
Aa Read Next : Warga Diminta Selalu Patuhi Lalu Lintas dan Jaga Kondusifotas Pilkada

Jaga Kamtibmas, Kapolres Pelalawan Sosialisasi Membangun Sinergitas Tiga Pilar

Jum'at, 20 September 2024 | 18:05 WIB
header img
Kapolres Rohil

PELALAWAN,iNewsPekanbaru - Ciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif pada pilkada 2024, Kapolres Pelalawan gelar sosialisasi membangun sinegritas tiga pilar guna menciptakan situasi Khamtibmas yang tertib dan kondusif saat Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Pelalawan. Acara berlangsung di Aula Teluk Meranti Polres Pelalawan Jumat (20/9/2024) 

Sosialisasi Membangun Sinergitas Tiga Pilar guna Menciptakan situasi Kamtibmas yang tertib dan kondusif saat Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Pelalawan.

Sosialisasi dipimpin oleh Kapolres pelalawan AKBP Afrizal Asri, serta di hadiri Plt. Sekda Kabupaten Pelalawan H. Abdul Karim, Dandim 0313/KPR diwakilkan Danramil 09 / langgam Kapten ARH Sembiring,

Ketua KPU Baprinaldi S.Sos, Ketua Bawaslu diwakilkan Komisioner Bawaslu Kordiv Hukum dan penyelesaian sengketa Ari Nugroho S.Sos, Pejabat Utama Polres Pelalawan,

Seluruh lurah, camat dan Kepala desa  Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ormas dan tokoh Masyarakat Kabupaten Pelalawan.

"Saat ini tahapan pilkada 2024 di kabupaten pelalawan sudah memasuki tahap pendaftaran pasangan calon dan selanjutnya ke tahap penetapan pasangan calon. tahapan ini sangat krusial karena masyarakat mulai memantau dan menilai pasangan calon yang akan memimpin daerah  ke depannya. di sini, kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan karena pada tahap ini, tensi politik di masyarakat cenderung mulai meningkat, terutama melalui media sosial maupun perbincangan di masyarakat. oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga agar situasi tetap kondusif dan tertib, Dalam setiap pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada), kita tentu menginginkan terciptanya suasana yang aman, damai, tertib, dan kondusif. pilkada merupakan momentum demokrasi yang sangat penting, namun kita tidak dapat menutup mata terhadap potensi munculnya gesekan di tengah masyarakat yang bisa mengganggu ketertiban umum. oleh karena itu, sinergi antara polri, tni, dan pemerintah daerah sebagai tiga pilar sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat". ungkap AKBP.Afrizal Asri Kapolres Pelalawan Kamis (20/9/2024).

Di tambahkannya untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif  saat ini kami gencar melaksanakan sosialisasi mengenai cooling system, suatu pendekatan untuk menurunkan tensi politik dan mencegah terjadinya konflik selama proses pilkada. cooling system ini tidak hanya berfokus pada penegakan hukum, tetapi juga pada upaya preventif, edukatif, dan dialogis. kita harus senantiasa mengutamakan langkah- langkah persuasif dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat agar pilkada berjalan damai dan tertib untuk itu Sinegritas tiga pilar menjadi kunci keberhasilan kita dalam menjaga situasi kamtibmas yang stabil. tni dan polri bekerja sama dengan pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta unsur pemuda untuk terus melakukan pengawasan dan pemantauan di lapangan. kami juga mengajak seluruh pihak untuk turut aktif dalam upaya menciptakan suasana yang damai, saling menghormati, dan berkompetisi secara sehat.

"Saya menghimbau agar kita semua dapat berkomitmen dan bekerjasama dalam mensukseskan pilkada 2024 ini. mari kita kawal bersama jalannya pesta demokrasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab. saya yakin, dengan peran aktif seluruh masyarakat dan dukungan dari semua pihak, kita mampu menciptakan situasi yang aman, tertib, dan kondusif di kabupaten pelalawan"terang Kapolres Pelalawan.

Sementara itu   Danramil 09/ Langgam Kapten ARH Sembiring menyampaikan bahwa pihaknya kerja sama antara 3 pilar dalam pengamanan pilkada serentak kami juga menghimbau mari gunakan hak pilih dengan sesua aturan agar pilkada serentak berjalan dengan lancar dan aman.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Pelalawan menyambut Baik pelaksanaan Kegiatan pada hari ini dan kami juga sudah menghibahkan Untuk pelaksanaan kegiatan pengamanan Pilkada serentak 2024.untukn saya berharap agar TNI dan Polri dapat bersama - sama menjaga Keamanan saat Pelaksanaan kegiatan PILKADA Serentak 2024. atas nama pemerintah Kabupaten Pelalawan menghimbau agar selalu mematuhi Aturan dalam pelaksanaan Kegiatan Pilkada Serentak 2024".tambah Plt. Sekda Kabupaten Pelalawan H. Abdul Karim.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut