get app
inews
Aa Read Next : 8.933 Napi di Riau Terima Remisi Idul Fitri, 46 Hirup Udara Segar

Sinergitas Polisi dan TNI Kawal Kotak Suara dari TPS di Gudang PPK di Sei Kijang

Sabtu, 17 Februari 2024 | 15:12 WIB
header img
TNI Polri Kawal Logstik Pemilu (di Pelalawan Foto Ist)

PELALAWAN,iNewsPekanbaru.id - Personil Polsek Bandar Sei Kijang, Polres Pelalawan, Polda Riau, terus melakukan pengamanan dan  pengawalan terhadap kotak suara Pemilu 2024. Pengamanan dan pengawalan dilaksanakan demi mewujudkan situasi Kamtibmas aman, damai dan kondusif.

"Tahap pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS dan pergeseran logistik ke PPS Pemilu 2024 telah selesai digelar. Namun bukan berarti tugas telah selesai," ungkap Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, melalui Kapolsek Bandar Sei Kijang AKP Mulian Sabtu (17/2/2024).

Dia menjelaskan , bahwa masih mengerahkan sejumlah personil untuk pengamanan dan pengawalan kotak Surat suara di gudang PPK di Kecamatan Bandar Sei Kijang Kabupaten Pelalawan.

"Setelah semua lengkap seluruh logistik termasuk kotak dan surat suara semua digeser ke Gudang PPK kemudian disimpan dan diamankan di gudang PPK. Proses pengamanan dan pengawalan sama seperti pergeseran logistik sebelum hari pemungutan suara," jelasnya.

Kapolsek menambahkan, Dldari tingkat PPS ke PPK, pengamanan dan pengawalan dilakukan oleh personel Polri yang ditugaskan sebagai petugas pengamanan TPS dibantu TNI dan Linmas. Setelah lengkap di tingkat PPS, logistik digeser ke gudang PPK. Pengamanan dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan unsur tiga Pilar dibantu oleh Polsek dan Koramil.

"Kita pastikan logistik Pemilu hasil pemungutan dan penghitungan suara ini benar-benar aman dan lengkap untuk nantinya di laksanakan rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPK dan KPU. Seluruh rangkaian proses ini kita lakukan pengamanan dan pengawalan. Selama berada di gudang PPK, kita lakukan penjagaan selama 1X24 jam," sebut Kapolsek.

Personel yang dilibatkan pengamanan dan pengawalan, sebanyak 25 personel yang merupakan personel dari unsur Bhabinkamtibmas dan Personil TNI dan petugas tiga Pilar.

"Dari laporan yang masuk, Alhamdulillah, pergeseran baik dari TPS ke PPS maupun dari PPS ke PPK sampai saat ini aman, lancar dan kondusif. selanjutnya di gudang PPK tetap dikawal ketat oleh Personil Polri dan Petugas tiga Pilar dan dibantu Personil TNI.

Kita harapkan situasi ini dapat terus terjaga dan tahapan Pemilu 2024 hingga selesai nanti aman, lancar tanpa kendala," pungkasnya.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut