get app
inews
Aa Read Next : 8.933 Napi di Riau Terima Remisi Idul Fitri, 46 Hirup Udara Segar

5 Pintu Air Waduk PLTA Dibuka, Warga Kampar Diminta Waspada 

Rabu, 13 Desember 2023 | 19:02 WIB
header img
5 Pintu PLTA Dibuka (Foto Ist)

iNewsPekanbaru.id - Pihak PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Kota Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, melakukan pembukaan lima pintu pelimpahan air waduk karena kenaikan elevasi debit air dalam beberapa hari. 

Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar, menjelaskan bahwa kenaikan elevasi ini menyebabkan pembukaan lima pintu spillway dengan total bukaan 5x40 cm."Pembukaan pintu spillway ini dilakukan pada pukul 15.00 WIB," katanya Selasa (13/12/2023).

Sebelumnya, dalam beberapa pekan, tiga pintu spillway juga telah dibuka karena tingginya curah hujan di sekitar PLTA dan di atas waduk. Kondisi ini menyebabkan tingginya debit air yang bermuara ke waduk PLTA Kota Panjang, sehingga perlu dilakukan pembukaan pintu pelimpahan air.

PLTA Kota Panjang telah memberitahukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar terkait pembukaan seluruh pintu pelimpahan air waduk. Pembukaan ini telah meningkatkan ketinggian Sungai Kampar sebesar 20 centimeter.

Babinkamtibmas Desa Merangin, Polsek Bangkinang Barat, Kampar, Wawan Asroy Harahap, telah berkoordinasi dengan Babinkamtibmas lainnya di aliran Sungai Kampar untuk menyosialisasikan informasi ini kepada warga.

"Warga dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas berbahaya di Sungai Kampar, dan petani keramba diminta untuk mengecangkan ikatan kerambahnya," tukasnya.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut