get app
inews
Aa Read Next : Kerahkan 2 Skadron, Lanud Roesmin Nurjadin Gelar Latihan Terbang Malam

JFWC ke-4 Antara TNI AU-RSAF Memasuki Fase MOT

Selasa, 14 November 2023 | 13:59 WIB
header img
Latihan Bersama TNI AU Indonesia dan Singapura (Foto/int)

iNewsPekanbaru.id - Pelaksanaan 4th Joint Fighter Weapon Course (JFWC) antara TNI Angkatan Udara dengan Republic of Singapore Air Force telah memasuki fase puncak yaitu Mission Oriented Training (MOT).

Fase ini ditandai dengan kedatangan enam Pesawat tempur F-16 yang terdiri dari lima Pesawat F-16 AM/BM dari Skadron Udara 3, dan 1 Pesawat F-16 D dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi serta 1 Pesawat CN 295 dari Skadron Udara 2.

Dengan bertambahnya kekuatan yang dilibatkan, diharapkan dapat meningkatkan kompleksitas dan kemampuan Interoperability antar platform dalam mencapai tujuan misi operasi udara, terutama penggabungan taktik tempur antara TNI AU dengan RSAF.

Fase MOT 4th JFWC akan berlangsung selama 1 minggu dimulai dari tanggal 13 sampai dengan 16 November 2023 di Joint Training Area Pekanbaru, melibatkan lebih dari 15 Pesawat multi platform dalam waktu yang bersamaan. 

Dalam menghadapi fase MOT, para candidate JFWC akan berperan sebagai seorang Mission Commander (MC) untuk mengeksekusi perintah operasi udara gabungan yang diberikan oleh komando atas.

“Minggu ini progres JFWC memasuki minggu ke-6, dalam minggu ini JFWC menghadapi fase MOT,  di fase ini para candidate JFWC akan berperan sebagai seorang Mission Commander (MC) untuk mengeksekusi perintah operasi udara gabungan yang diberikan oleh komando atas”, terang Kadisops Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Pnb Bambang “Bramble” Apriyanto, S.T., selaku direktur latihan. 

Ditambahkan Kadisops, dalam menerima perintah tersebut para candidate dituntut dapat merancang taktik operasi udara berdasarkan tugas, sasaran, dan ancaman yang ada dengan efektif dan efisien.

Jenis Latihan MOT merupakan implementasi dan pengembangan dari seluruh kemampuan dasar pertempuran udara yang telah dilatihkan pada fase sebelumnya dalam JFWC.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut