get app
inews
Aa Read Next : Korupsi Dana KUR, Polda Riau Serahkan 3 Mantan Pejabat Bank BUMN Cabang Bengkalis ke Jaksa

Sekda Hariyanto Didesak Mundur dari Forum Penyuluh Antikorupsi 

Kamis, 13 April 2023 | 12:57 WIB
header img
Sekda Prov Riau saat Klarifikasi Terkiat Tas Istri (Foto/dok)

PEKANBARU inews.id - Pengurus Forum Penyuluh Antikorupsi Indonesia mendesak Gubernur Riau Haji Syamsuar untuk menonaktifkan Sekretaris Daerah (Sekda) Riau SF Hariyanto sebagai Pengarah I dalam Forum Penyuluh Antikorupsi Provinsi Riau yang merupakan bentukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami juga mendesak agar Gubernur Riau segera menyurati Mendagri dengan rekomendasi nonaktif SF Hariyanto sebagai Sekda Riau karena telah melakukan berbagai tindakan yang tidak bertanggungjawab," kata Koordinator Penyuluh Antikorupsi Wilayah Bengkalis dan Kepulauan Meranti, Bobson Samsir Simbolon belum lama ini

Bobson menjelaskan, dalam waktu dekat, pekan ini, pihaknya akan menemui Gubernur Syamsuar sebagai Pembina Forum Penyuluh Antikoupsi Provinsi Riau untuk membahas penonaktifan SF Hariyanto.

"Baik itu sebagai pengarah di forum, maupun penonaktifan beliau sebagai Sekda Riau," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga mendesak KPK untuk jangan berhenti dan mengusut tuntas persoalan dugaan korupsi SF Hariyanto sejak yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Riau hingga sekarang menjadi Sekda Riau.

"Saya pikir banyak proyek-proyek bermasalah selama beliau menjadi Kadis PU Riau, dan kasus hedonisme keluarganya bisa menjadi pintu masuk bagi KPK mengungkap semuanya," kata dia.

Bobson mengatakan, kasus hedonisme isteri dan anak Sekda Riau sebelumnya telah menjadi sorotan publik sehingga benar-benar harus dituntaskan.

"Terkait gaya hedon isteri dan anaknya itu, kemarin sudah dijawab dengan berbagai keterangan dan alasan, termasuk pesta ulang tahun di hotel bintang lima di Jakarta yang diakui di sebuah ruko, kemudian tas-tas branded yang dipakai isterinya diakui sebagai batang KW atau replika. Kebohongan ini menandakan yang bersangkutan tidak memiliki integritas," katanya.

Bobson meenjelaskan, bahwa Forum Penyuluh Antikorupsi dibentuk oleh KPK untuk menjadi agen antikorupsi, mulai dari pencegahan hingga kampanye dan pendidikan.

Jadi, demikian Bobson, orang-orang yang berada di dalamnya termasuk pengarah harus benar-benar merupakan orang yang berintegritas.

"Jadi untuk persoalan Sekda Riau ini sudah benar-benar memalukan, gubernur sebagai pembina kami minta untuk evaluasi SF Hariyanto," katanya.

Viral di Medsos

Sekda Riau SF Hariyanto, menjadi sorotan usai istri dan anak kerap pamer barang-barang mewah dan gaya hidup hedon di media sosial.

Adrias, istri Hariyanto sempat pamer mengenakan tas mahal merek Gucci dan Hermes yang ditaksir senilai ratusan juta rupiah. Adrias juga kerap memposting foto liburan ke Eropa.

Belum selesai istrinya jadi sorotan, kini giliran anak perempuan SF yang disorot pamer kemewahan yang juga tersebar di media sosial.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut