get app
inews
Aa Read Next : Gandeng Bank Indonesia, Pemprov Riau Gelar Pasar Murah

Deret Keutamaan Baca Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Tiap Hari Jumat, Hadits Nabi Jelaskan Ini

Jum'at, 04 November 2022 | 12:15 WIB
header img
Keutamaan membaca Alquran Surat Al Kahfi di hari Jumat. Foto: Freepik

PEKANBARU, iNewsPekanbaru.id - Membaca surat Al Kahfi tiap hari Jumat ternyata memiliki keutamaan besar bagi yang rutin mengamalkannya. Bahkan ada keutamaan membaca surat Al Kahfi ini tercantum dalam hadits Nabi Muhammad SAW.

Surat  Al Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Alquran yang berarti para penghuni goa. Surat ini mengisahkan tujuh pemuda saleh dan seekor anjing yang mengasingkan diri dari kejaran penguasa zalim dan kafir.

Keutamaan membaca surat Al Kahfi tiap hari Jumat

Menurut para ulama hadits, membaca surat Al Kahfi tiap hari Jumat memiliki banyak keutamaan. Hujjatul Islam, Imam Al Ghazali dalam kitabnya Bidayatul Hidayah seperti dikutip menganjurkan membaca beberapa surat Alquran termasuk di antaranya membaca surat Al Kahfi tiap malam Jumat dan hari Jumat.

“Disunnahkan pada hari Jumat atau pada malamnya, untuk melakukan shalat empat rakaat dengan membaca surat-surat berikut: Surat al-An’am, al-Kahfi, Taaha dan Surat Yasin. Jika tidak mampu maka bisa hanya dengan membaca Surat Yasin dan ad-Dukhan, alif laam mimm as-Sajadah dan Surat al-Mulk”.
 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut