Logo Network
Network

25 Hektare Lahan di Rokan Hulu Terbakar, Helikopter Dikerahkan

Banda Haruddin Tanjung
.
Selasa, 09 Agustus 2022 | 07:21 WIB
25 Hektare Lahan di Rokan Hulu Terbakar, Helikopter Dikerahkan
Karhutla lalap 25 Hektar lahan di Rokan Hulu (Foto Banda HT)

25 Hektare Karhutla Terrjadi di Kabupaten Rokan Hulu, Helikopter di Kerahkan


Rokan Hulu Inews.id- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Saat ini, karlahut terjadi di Desa Tanjung Medan, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau,.

Lokasi tersebut merupakan daerah perbukitan yang telah selesai di Imas tumbang.Kepala pelaksana BPBD Rohul Zuljandri Rosa mengatakan bahwa pihaknya telah meminta helikopter untuk membantu memadamkan Karhutla.

"Dalam kegiatan pemadaman ini kami di bantu satu helikopter water bombing (pengeboman air). Untuk luas karhutla 25 Hektar," ucap Zuljandri Rosa Selasa (9/8/2022).

Untuk mengatasi Karhutla semakin meluas di sana, tim gabungan yang terdiri dari TNI Polri bersama BPBD Rohul turun secara bersama-sama ke lokasi.Sementara itu Kapolsek Rokan IV Koto AKP Yohannes Tindaon mengatakan, setelah digempur dari darat dan udara, titik api sebagian besar sudah padam.

"Dapat kami sampaikan, kita tim yang solid antara TNI Polri dan BPBD secara bersama-sama memadankan api. Untuk saat ini api telah padam tetapi,
di samping itu water bombing tetap melaksanakan kegiatan dari udara," kata AKP Yohannes Tindaon.

Dia juga menjelaskan, lokasi Karlahut telah di pasang garis polisi."Untuk pelaku masih kami selidiki. Saat ini, kami sudah memasang garis polisi di lokasi, tegasnya.

Di tempat yang sama, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Rokan IV Koto Kodim 0313/KPR, Serda Febrianto mengatakan, pemadaman dari darat menggunakan pompa punggung sebanyak dua unit dan menggunakan ranting kayu.

"Tadi kami cukup kesulitan menjangkau titik api karena akses ke lokasi ekstrim.Kami menghimbau kepada siapa saja agar tidak melakukan pembakaran jika ingin membuka lahan," himbau Serda Febrian.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News

Bagikan Artikel Ini