Logo Network
Network

Pakai Jurus Pingsan, Warga Kuansing Selamat Dari Serangan Beruang 

Banda Haruddin Tanjung
.
Senin, 27 Juni 2022 | 20:19 WIB
Pakai Jurus Pingsan, Warga Kuansing Selamat Dari Serangan Beruang 
Warga Kuansing diserang beruang (Foto Banda HT)

Pekanbaru iNews.id - Seorang warga Desa Teratak Baru, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuansing, Riau diserang beruang madu. Hal itu terjadi saat korban sedang menyadap karet.

Beruntung, korban bernama Abdul Mutolib masih selamat. Hal ini setelah dia berpura pura pingsan sehingga membuat hewan penyuka madu ini berhenti menyerang.

"Kondisi tangan korban mengalami patah tulang dan luka di lengan bagian kiri,"Kata Plt Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam  (BBKSDA) Riau  Fifin Arfiana Jogasara Senin (27/6/2022)

Berdasarkan penjelasan Abdul Mutolib, bahwa pada pukul 10.O0 WIB korban sedang menyadap pohon karet (deres).
Jarak rumah dengan kebun karetnya sekitar 3 kilometer.

Saat sedang deres, tiba tiba seekor beruang madu menyerangnya dari belakang. Terlihat oleh korban, satwa tersebut mempunyai tanda warna putih pada bagian dada. Abdul pun tersungkur.

" Beruang tersebut masih menggigit lengan kirinya dan korban berupaya melepaskan cengkraman satwa tersebut, namun tidak terlepas. Setelah yang bersangkutan berpura pura pingsan dan tidak bergerak" imbuhnya.

Ternyata 'jurus'pura pura pingsan  benar benar 'sakti' beruang melepas gigitannya dan tidak menyerangnya lagi .

"Barulah si beruang melepaskan gigitan dan cakarannya yang mendarat di lengan tangan korban.
Setelah gigitan tersebut terlepas, korban berlari dan meminta pertolongan kepada orang orang yang berada di sekitar kebun. Korban segera dibawa ke rumah sakit untuk perawatan lukanya," imbuhnya.

Dia menjelaskan bahwa lokasi konflik berada di areal HPK (Hutan Produksi Konservasi)dan berbatasan dengan konsesi PT RAPP serta merupakan habitat satwa liar sekitar kawasan konservasi TNTN (Taman Nasional Tesso Nilo).

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News

Bagikan Artikel Ini