get app
inews
Aa Read Next : Dirlantas Polda Riau Raih Presisi Award Dari Lemkapi

UAS Tegaskan Pemakaman Harus Disegerakan, Tidak Harus Menunggu Zuhur

Sabtu, 18 Juni 2022 | 03:05 WIB
header img
UAS saat ceramah (Foto okezone.com)

Pekanbaru Inews.id - Setiap yang bernyawa pasti akan menghadapi kematian dan hendaknya ummat mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian. Terhadap kematian Ustadz Abdul Somad (UAS) memiliki pesan khusus jika dirinya terlebih dahulu dipanggil Allah SWT.

"Saya tentang mati ini tidak main main, saya WA (whatsapp) Ustadz Alnof (sahabat UAS). Ustadz Alnof, kalau aku mati duluan nanti jangan menunggu solat Zuhur. Begitu mati malam, kalau kebetulan mati malam, kalau ada yang bisa menyelenggarakan, kuburkan," ucap UAS dalam cemarahnya yang diunggah di akun resmi instagramnya, ustadzabdulsomad_official Jumat (17/6/2022).

Begitu juga dengan jika meninggalnya jelang subuh juga harus diselenggarakan proses pemakaman, jangan menunggu siang.

"Kalau matinya menjelang subuh, langsung mandikankan, kafankan, solatkan tak usah pakai sambutan-sambutan. Ini orang meninggal nunggu Zuhur, habis Zuhur sambutan lagi," ucap dai yang berdomisili di Pekanbaru.

Untuk itu dia berharap agar penyelenggaraan fardu kifayah harus disegerakan. Hal ini karena banyak manfaat bagi jenazah.

"Orang meninggal itu seperti memikul beban. Kalau dia bebannya berat, maka setelah kau kuburkan menjadi ringan. Kalau dia orang baik, maka dia semakin cepat bertemu dengan kebaik-kebaiknya. Itu saya WA langsung ke Ustadz Alnof," ucap dai Sejuta Viewer itu.

Untuk itu dia berharap agar pesannya itu juga diingat oleh ummat."Semua yang hadir disini menjadi saksi. O, Ustadz Somad dulu pesannya begini. Lebih cepat lebih baik. Ngapa nunggu lama lama," pesan UAS.

Untuk itu dia berharap semua ummat untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian. Karena kematian adalah hal yang pasti.

"Saya akan mati. Karena saya akan mati maka mesti beramal. Karena aku sadar akan mati maka nanti malam akan tabliq akbar. Karena aku sadar akan mati, besok subuh harus tabliq akbar. Karena aku sadar aku akan mati, nanti sore aku mesti tabliq akbar. Karena kalau mereka beramal, maka aku dapat amal zariah," pesan pria bernama lengkap Abdul Somad Batubara.   
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut