Pipa Pertamina Hulu Rokan di Rohil Bocor, Semburkan Minyak Mentah Setinggi 10 Meter

Nanda
Semburan Minyak Milik Pertamina Hulu Rokan

ROHIL, iNewsPekanbaru.id -  Kebocoran terjadi di areal PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) daerah Balam KM.16 Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau pada Rabu (24/7/2024) siang.

Akibat kejadian ini minyak mentah berwarna hitam menyembur setinggi kurang lebih 10 meter. Semburan ini menyebabnya beberapa rumah warga terkena dampaknya.

Kebocoran ini juga berdampak kepada masyarakat dan pengguna jalan.  Untuk akses jalan terpaksa menggunakan cara buka tutup sehingga menyebabkan kemacetan.

Dalam rekaman video berdurasi 52 detik  terlihat seseorang mengabadikannya. Lokasi terlihat dengan pusat semburan. Dia menyatakan bahwa lokasi itu berada dekat rumah iparnya. Suara lelaki menjelaskan akibat kejadian itu semua habis. Terlihat cairan seperti minyak menbasahi perkarangan dan rumah serta halaman.

“Segalanya habis, baju baju anak sekolah habis, tanaman rumah habis akibat kelalaian PHR yang mengakibatkan masyarakat menderita kerugian,” kata pria yang mengabadikan kebocoran itu.

Kapolres Rohil AKBP Isa Imam Syahroni mengatakan bahwa  pipa minyak yang mengalami kebocoran merupakan jaringan Balam - Bangko - Dumai dengan ukuran ketebalan 4 inci - diameter 24 inci.

“Pada 24 Juli 2024 sekira pukul 12.30 WIB  terjadi kebocoran pipa milik PT Pertamina Hulu Rokan yang beralamat di di Balam 16 RT.07/RW.03 Dusun Balam Utara,  Kepenghuluan Bangko. Akibat kejadian tersebut minyak mentah menyembur dari pipa bocor setinggi 10 meter yang membasahi hampir sebagian badan jalan sehingga langsung dilakukan buka tutup jalur lalu lintas Riau - Sumut oleh personil Polsek Bangko Pusako bersama masyarakat,” katanya.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network