get app
inews
Aa Read Next : Rohil Terima Bantuan 24 Titik Perangkat VSAT dari Kementrian Kominfo

Minyak Menyembur Akibat Kebocoran Pipa Diduga Akibat Kelalaian Operator Alat Berat

Kamis, 25 Juli 2024 | 06:22 WIB
header img
Kebocoran di Pertamina Hulu Rokan

ROHIL, iNewsPekanbaru.id – Pihak Polres Rohil, Riau melakukan pengamanan lokasi semburan minyak mentah akibat kebocoran dari pipa minyak di areal PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) daerah Balam KM.16 Kecamatan Bangko Pusako yang terjadi Rabu (24/7/2024). Dugaan sementara penyebab kebocoran akibat alat berat.

Kapolres Rohil AKBP Isa Imam Syahroni mengatakan bahwa  pipa minyak yang mengalami kebocoran merupakan jaringan Balam - Bangko - Dumai dengan ukuran ketebalan 4 inci - diameter 24 inci.

“Informasi yang didapat dari PT. PHR bahwa penyebab terjadinya kebocoran dikarenakan PT. Harap Panjang (Sub Kontrak) sedang melakukan kegiatan peningkatan jalan dengan menggunakan alat berat seperti  Tandem Roller dan Motor Grader,” ucapnya.

Ini terjadi pada saat  mengerjakan pengerasan jalan dengan cara mencampur tanah dengan soil stabilisator kapur  di lokasi dengan menggunakan alat berat / rasleking.

”Pada saat pelaksanaan pengadukan kapur dengan tanah sedalam 30 cm, alat berat / rasleking mengenai pipa minyak yg terdapat di dalam tanah yg kedalaman pipa tanamnya sekira 30 cm, sehingga alat berat mengenai pipa yang tertanam hingga pipa robek dan minyak yang ada di pipa menyembur keluar. Pipa yang bocor mengalir minyak yang masih bercampur air, yang selanjutnya akan mengalir ke Stasiun Balam KM.12,” tukasnya.

 

Semburan minyak mentah sendiri sempat  mengakibatkan jalan macet di jalan linta Rau-Sumut karena lokasinya berdekatan. Selain jalan, semburan ini juga mengakibatkan sejumlah rumah warga terdampak.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut