Pekerja Pabrik Sawit Tewas Mengenaskan di Inhu, Ini Kata Perusahaan

Nanda
Polisi Olah TKP di lokasi tewasnya karyawan PT RAU (Foto Ist)

iNewsPekanbaru.id - Seorang pekerja Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Rigunas Agri Utama (RAU) Asian Agri Group Welki tewas mengenaskan masuk dalam rebusan dengan kondisi satu bagian kaki belum ditemukan. Terkait kecelakaan kerja itu pihak perusahaan menyatakan bahwa perusahaan mengedepankan keselamatan kerja dalam beraktivitas.

"Bahwa kegiatan operasionalnya, PKS - PAS selalu mengedepankan dan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen," kata Roy J Purba Mill, Manager PT RAU PAS dalam siaran persnya kepada MPI Rabu (27/12/2023)
  
Dijelaskannya bahwa korban  W merupakan karyawan Operator Loading Ramp PKS- PAS yang bertugas menyuplai pengisian TBS (Tandan Buah Segar) ke mesin sterilizer  di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

"Bahwa pada 25 Desember 2023 sekitar pukul 01:20 WIB rekan kerja W yang bertugas di stasiun sterilizer melihat tidak ada suplai TBS di rebusan maka hal ini dilaporkan ke mandor. Saat itu mulai dilakukan pengecekan ke stasiun loading ramp tempat korban bekerja, dan tidak ditemukan keberadaan korban di lokasi. Selanjutnya terus dilakukan pencarian bersama, dan pukul 03:06 WIB korban baru ditemukan dan langsung ditangani petugas medis PKS - PAS untuk dibawa ke Puskesmas Peranap guna penanganan lebih lanjut," imbuhnya.

"Sedangkan terkait hak-hak korban selaku karyawan perusahaan akan diproses sesuai dengan ketentuan ketenagakerjaan. Perusahaan juga akan mendampingi keluarga korban untuk mendapatkan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan," tukasnya.

Seperti diketahui korban ditemukan tewas dalam rebusan pemisahan tandan buah segar dengan brondolan pada 25 Desember 2023. Saat ditemukan, jasad korban sudah tidak utuh pada bagian kaki. Terkait kejadian itu, pihak keposian sudah melalukan pemeriksaan sejumlah karyawan perusahaan dan melakukan oleh TKP. 
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network