get app
inews
Aa Read Next : Ajak Oknum Polisi Menganiaya Warga Hingga Tewas, Polda Riau Amankan Otak Pelaku

Amankan 8 Tersangka, Polda Riau Bongkar Jaringan 76 Kg Sabu

Rabu, 18 September 2024 | 21:59 WIB
header img
76 Kg Sabu Diamankan Polda Riau dari Jaringan Malaysia (Foo inewsPekanbaru)

iNewsPekanbaru,id - Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau mengagalkan penyelundupan puluhan ribu butir pil ekstasi dan puluhan kilo sabu dari Negara jiran Malaysia. 

Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes Manang Soebeti mengatakan, barang haram itu diselundupkan melalui tiga lokasi yakni pelabuhan di Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, melalui Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dan melewati wilayah Pangkalan Kasai Siberida Kabupaten Indragiri Hulu. 

"Operasi yang digelar sejak 12 September 2024 kemarin, kami berhasil meringkus 8 orang pelaku. Mereka berperan sebagai kurir, bandar hingga pengendali. Tersangka yang diringkus yakni MAM (52), AS (32), M (52), R (52),  MS (52), BFI (52),  J (32) dan K (26). Dari tersangka MAM, ZS, M, R, MS, dan BFI kami menyita 30 Kilogram sabu-sabu dan 11.000 butir pil ekstasi," kata Kombes Manang, Rabu (18/9/2024). 

setelah dilakukan pengembangan, petugas kemudian menangkap tersangka lain yakni inisial K di salah satu hotel di Kota Jambi. Dari K polisi menyita 45 kilogram sabu-sabu serta 30.000 butir pil ekstasi. Beberapa hari berselang, kembali dilakukan penangkapan terhadap seorang kurir berinisial J di Bandara SSK II Pekanbaru dan berhasil menyita barang bukti 1 kilogram sabu-sabu yang kan dibawa ke Lombok Timur menggunakan pesawat komersil. 

Awalnya dua kurir narkoba yakni MAM dan ZS ditangkap di sebuah warung pecel lele di Kota Pekanbaru. Kedua pelaku berangkat Asahan Sumatera Utara menuju Pekanbaru untuk mengantar narkoba dengan mobil minibus. 

"Sabu-sabu itu dibawa dari daerah Tanah Putih, Rokan Hilir. Mobil berisi sabu-sabu dan ekstasi itu lalu diserahkan oleh kedua pelaku ke orang tak dikenal. Barang haram itu disimpan dalam 2 tas jinjing dan 1 karung plastik," tutur Manang. 

Setelah dilakukan pengejaran, akhirnya polisi berhasil mengamankan dua tersangka lainnya yakni M dan R. Usai dilakukan control delivery polisi akhirnya menangkap MS yang berperan sebagai pengedali narkoba tersebut. 

Dari nyanyian MS, Tim Opsnal Subdit 3 berangkat menuju Lubuk Linggau, Sumatera Selatan untuk melakukan penangkapan kepada seorang pria yang memesan barang tersebut. Polisi berhasil meringkus BFI dan rekannya AW di sebuah restoran cepat saji di Kota Palembang. 

"Menurut pengakuan BFI dia diperintahkan oleh gembong asal Malaysia untuk menerima 10 kilogram sabu-sabu dan 5.000 butir pil ekstasi," lanjutnya. 

 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut