get app
inews
Aa Read Next : 15 Ribu Penonton Padati Konser Sheila On7 di Pekanbaru

Keren,Mahasiswa di Riau Ciptakan Kendali Jarak Jauh Sistem Penggerak Senjata, Terinspirasi dari Film

Senin, 09 September 2024 | 20:32 WIB
header img
Mahasiswa di Riau Cipatakan Pengendali Senjata (Foto inews.id)

iNewsPekanbaru.id - Reffriandi, mahasiswa program studi sarjana terapan Teknologi Rekayasa Mekatronika Politeknik Caltex Riau, berhasil mengembangkan sebuah inovasi berupa kendali jarak jauh untuk sistem penggerak senjata. Alat ini dirancang untuk mengoperasikan senjata dari jarak jauh dengan menggunakan smartphone, yang diyakini dapat meningkatkan keamanan prajurit di medan perang.

Reffriandi mengungkapkan bahwa ide untuk menciptakan prototipe senjata yang dapat dikendalikan jarak jauh ini terinspirasi dari film-film aksi.

 "Saya terinspirasi membuat alat ini dari film sniper dan cita-cita saya dahulu yang ingin menjadi seorang tentara, penembak jitu. Selain itu, pengembangan alat ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan seorang prajurit yang berada di medan perang," ungkapnya Senin (9/9/2024).

 

Prototipe ini menggunakan senjata mainan laras panjang yang dilengkapi dengan peluru aman berupa gel. Sistem kerjanya memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan senjata tersebut dari jarak jauh melalui smartphone, mulai dari mengarahkan hingga menembak target. Alat ini juga dilengkapi dengan kamera yang menampilkan kondisi medan secara realtime, memberikan kendali penuh kepada pengguna.

 

Dalam pengembangan alat ini, Reffriandi menggunakan mikrokontroler ESP32 yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Sistem kontrol senjata tersebut menggunakan motor stepper dan servo, yang memberikan presisi tinggi dalam mengarahkan senjata. Proses pembuatan alat ini memakan waktu sekitar dua bulan.

 

Namun, Reffriandi menyatakan bahwa alat ini masih memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut, terutama pada sistem kelistrikan dan jaringan penghubung antara sistem kontrol dengan smartphone.

 

"Alat ini masih dapat dikembangkan lebih lanjut, terutama pada sistem kelistrikan dan jaringan penghubungnya," tambah Reffriandi.

 

Dengan inovasi ini, Reffriandi berharap dapat memberikan kontribusi dalam bidang teknologi yang dapat mendukung keamanan dan keselamatan prajurit di medan perang.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut