get app
inews
Aa Read Next : 8.933 Napi di Riau Terima Remisi Idul Fitri, 46 Hirup Udara Segar

Kesepakatan 2 Provinsi, Ratusan Warga Sumut Nyoblos di Rohil Riau

Kamis, 01 Februari 2024 | 18:21 WIB
header img
Ratusan Warga Labusel Nyoblos di Riau Berdasarkan Rapat Bersama (Foto MNC Portal)

ROHIL,iNewsPekanbaru.id - Ratusan warga Labuhanbatu Selatan (Labusel) Provinsi Sumatera Utara akan mencoblos di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, dalam Pemilu 2024. Meskipun terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Labuhanbatu Selatan (Labusel), mereka memilih di Rohil karena jarak tempuh yang cukup jauh.

Hasil ini setelah dilakukan kesepakatan antar dua kabupaten dalam rapat di Hotel Grand Suma Blok Songo Kota Pinang, Labuhanbatu Selatan, pada Rabu (31/1/2024).Rapat dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil, Pemkab Labuhanbatu Selatan, Komisioner KPU Riau, KPU Rohil dan KPU Labuhanbatu Selatan, Kepala Kepolisian Sektor (Polres) Rohil, Polres Labuhanbatu Selatan, dan undangan lainnya. TPS yang menjadi perhatian utama adalah TPS lintas provinsi di Desa Beringin Jaya, Labuhanbatu Selatan, yang berada di wilayah administrasi Provinsi Riau.

Kapolres Rohil, AKBP Andrian Pramudianto, menjelaskan bahwa TPS 001 dan TPS 002 di Desa Beringin Jaya, semula berada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, namun setelah adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 57 Tahun 2018, TPS tersebut menjadi wilayah Kabupaten Rohil. Hal ini mengakibatkan ratusan pemilih terdaftar di DPT Labuhanbatu Selatan yang tinggal di Rohil.

"Berdasarkan hasil rapat, lami memastikan bahwa ratusan DPT pada TPS Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang menumpang di wilayah Rokan Hilir tersebut seluruhnya merupakan warga ber-KTP Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara," jelas Andrian.

Andrian menegaskan bahwa seluruh pemilih pada TPS tersebut merupakan warga yang ber-KTP Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara. Meskipun wilayah administratif berubah, hak suara warga Labuhanbatu Selatan tersebut tetap disalurkan di Rohil. Keberadaan TPS lintas provinsi dianggap rawan dari segi keamanan, dan Polres Rohil bersama KPU akan membantu pendistribusian logistik Pemilu 2024 dan melakukan pengamanan pada tanggal pencoblosan.


"TPS 001 ada 238 orang pemilih yang terdaftar DPT Labuhanbatu dan TPS 002 ada 218 orang pemilih. Jarak TPS tersebut lebih kurang 300 meter dari TPS di Kabupaten Rohil. Jadi Hak pilih masyarakat harus kita lindungi untuk menyampaikan aspirasinya," kata pucuk pimpinan polisi di Rohil tersebut
Sementara itu Ketua KPU Rohil, Suprianto, menekankan perlunya memastikan bahwa DPT mencerminkan warga yang tinggal sesuai dengan lokasi TPS. Pemindahan beberapa TPS ke Provinsi Riau pada Pemilu 2024 bertujuan agar DPT mencerminkan warga yang tinggal di wilayah yang sesuai dengan TPS mereka.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut