get app
inews
Aa Read Next : Polres Kampar Patroli Antisipasi Balap Liar Saat Asbuh

Elevasi Waduk Kembali Naik, PLTA Koto Panjang Kembali Buka Lebar Pintu Waduk

Jum'at, 26 Januari 2024 | 15:42 WIB
header img
Pembukaan Pintu Waduk PLTA Koto Kampar (Foto PLTA Koto Kampar

iNewsPekanbaru.id - Pihak manajemen PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, kembali menambah tinggi bukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate) pada Jumat (26/1/2024).

Pembukaan pintu lebih lebar dilakukan mulai pukul 11.00 WIB. Penambahan ini dilakukan setelah tiga hari bukaan pintu waduk diturunkan, karena elevasi waduk mengalami kenaikan akibat curah hujan di hulu waduk yang cukup tinggi.

Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar, menyatakan bahwa penambahan tinggi bukaan pintu pelimpahan ini dilakukan karena adanya kenaikan debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk.

"Total bukaan pintu PLTA Koto Panjang menjadi sebesar 5x70 cm dengan rincian elevasi 84.00 mdpl, outflow turbine 282.22 m3/s, outflow spillway 5x30 cm 261.63 m3/s, dan total outflow 543.85 m3/s, serta inflow waduk sebesar 1.026,4 m3/s," ujarnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, meminta kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sepanjang aliran sungai Kampar, untuk waspada terhadap pemberitahuan pembukaan pintu waduk.

"BPBD Riau telah berkoordinasi dengan BPBD Kampar dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait kondisi terkini PLTA Koto Panjang. Koordinasi juga dilakukan dengan camat agar dapat menginformasikan ke desa yang berada dekat dengan aliran sungai Kampar,"tukasnya.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut