get app
inews
Aa Read Next : Berada di Empat Desa, Pemprov Riau Petakan Tol  Rengat-Pekanbaru di Daerah Kampar

Ini Progres Pembangunan Ruas Tol Pekanbaru Rengat, Begini Designnya

Rabu, 03 Januari 2024 | 16:30 WIB
header img
Tol Pekanbaru-Rengat (Foto Diskiminfo Riau)

iNewsPekanbaru.id- Pihak Hutama Karya (HK) kini fokus mengerjakan penyelesaian salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap II, yaitu Jalan Tol Rengat – Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru. Ruas tol ini memiliki panjang sekitar 30,57 km. Design jalan tol ini juga sudah dibagikan oleh pihak Hutama Karya.

Executive Vice President (EVP) Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menyatakan bahwa Jalan Tol Rengat–Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru–Bypass Pekanbaru ini akan menjadi tol penghubung antar provinsi di jantung Sumatera, yaitu Riau, Sumbar (Sumatera Barat), dan Jambi. Penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) untuk proyek ini telah dilakukan pada Desember 2023.

"Untuk membangun Jalan Tol Rengat-Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru-Bypass Pekanbaru ini, kita telah melakukan penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) pada Desember 2023," kata Executive Vice President (EVP) Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, dikutip pada Rabu (3/1/2024).

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi, Ibnu Kurniawan, mengungkapkan bahwa rencana kelanjutan pembangunan jalan tol Jambi dari Tempino-Simpang Ness-Merlung hingga batas Rengat, Provinsi Riau, akan segera dimulai pada tahun 2024. 

Tol Jambi-Rengat ini memiliki total panjang 198 km, dengan sebagian besar, yaitu 116,5 km, berada di Provinsi Jambi, sementara sisanya berada di wilayah pembangunan Riau.

Pembangunan Jalan Tol Jambi-Rengat diharapkan dapat memberikan dampak positif terutama dalam meningkatkan konektivitas dan pengembangan wilayah di kedua provinsi  tersebut.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut