get app
inews
Aa Read Next : Borobudur dan Warisan Ilmu Astronomi Masa Lalu

Ini Bangunan Keajaiban Dunia, Borobudur tak Termasuk

Rabu, 27 September 2023 | 18:02 WIB
header img
Taj Mahal Salah Satu Keajaiban Dunia

iNewsPekanbaru.id - Tujuh keajaiban dunia baru ditentukan dari sebuah kampanye yang diluncurkan oleh yayasan Swiss New Open World Corporation (NOWC) sejak 2000.

Kampanye tersebut dilakukan untuk memperbarui daftar, mengingat 7 keajaiban dunia kuno asli yang disusun pada abad ke-2 Sebelum Masehi hanya Piramida Giza yang masih berdiri.

Pemilihan 7 keajaiban dunia baru dilakukan lewat voting melalui online dan pesan singkat sampai terkumpul 100 juta suara. Hasilnya diumumkan pada 2007.

Hasil tersebut tentu ada menimbulkan keheranan sebagian orang dan mempertanyakan kenapa situs-situs kuno terkenal seperti Candi Borobudur di Indonesia dan Acropolis di Athena tak masuk daftar. Padahal Candi Borobudur sebelumnya termasuk salah satu keajaiban dunia.

Berikut adalah 7 keajaiban dunia kuno yang menakjubkan dan spektakuler:

1. Tembok Besar China:

Tembok Besar China adalah salah satu proyek konstruksi bangunan terbesar di dunia, dengan panjang sekitar 5.500 mil (8.850 kilometer) atau menurut beberapa penelitian, bahkan mungkin mencapai 13.170 mil (21.200 km). Dibangun selama 2000 tahun sejak abad ke-7 SM, tembok ini sebenarnya memiliki dua dinding paralel untuk bentang yang panjang, dengan menara pengawas dan barak.

2. Chichen Itza:

Chichén Itzá adalah kota kuno suku Maya di Meksiko yang berkembang pada abad ke-9 dan 10 Masehi. Salah satu monumen paling terkenal di sana adalah piramida berundak El Castillo, yang memiliki 365 anak tangga yang mencerminkan jumlah hari dalam setahun. Selama titik balik musim semi dan musim gugur, matahari menciptakan bayangan yang memberikan tampilan seperti ular yang merayap di tangga.

3.Petra, Yordania:

Kota kuno Petra terletak di lembah terpencil di Yordania. Kota ini adalah tempat di mana menurut legenda, Musa memukul batu dan air memancar keluar. Dikuasai oleh suku Nabataea, yang memahat tempat tinggal, kuil, dan makam ke dalam batu pasir.

4. Machu Picchu:

Situs Inca ini terletak di dekat Cuzco, Peru, dan ditemukan pada tahun 1911 oleh Hiram Bingham. Meskipun tujuannya masih diperdebatkan, Machu Picchu adalah salah satu dari beberapa reruntuhan utama pra-Columbus yang ditemukan hampir utuh. Tempat ini memiliki teras pertanian, plaza, area pemukiman, dan kuil-kuil.

5. Patung Kristus Sang Penebus:

Patung Yesus Kristus Sang Penebus yang berdiri di Gunung Corcovado, Rio de Janeiro, adalah patung kolosal dengan tinggi 30 meter. Ini adalah patung Art Deco terbesar di dunia dan dibangun sebagai respons terhadap "gelombang ketidak-tuhanan."

6.Colosseum:

Colosseum adalah amfiteater Roma kuno yang dibangun oleh Kaisar Vespasianus. Dengan kapasitas hingga 50.000 penonton, tempat ini digunakan untuk pertarungan gladiator, pertarungan manusia melawan binatang, dan pertunjukan lainnya.

7,Taj Mahal:

Taj Mahal adalah kompleks makam di Agra, India, yang dibangun oleh Kaisar Shah Jahān untuk menghormati istrinya, Mumtāz Maḥal. Bangunan ini terbuat dari marmer putih dan memiliki desain yang menakjubkan dengan kubah utama dan kubah-kubah kecil di sekitarnya.

Keajaiban-keajaiban ini mencerminkan kemajuan arsitektur, budaya, dan sejarah dari berbagai peradaban kuno, dan hingga saat ini tetap menjadi tujuan wisata yang populer.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut