get app
inews
Aa Read Next : Aktor Chicco Desak Polda Riau Tuntaskan Kasus Kematian Gajah Taman Nasional

Tiga Gajah di Riau Jadi Petugas Paskibra

Kamis, 17 Agustus 2023 | 11:22 WIB
header img
Tiga Gajah Jadi Paskibra di Riau

iNewsPekanbaru.id - Saat peringatan HUT RI ke-78, tiga gajah Sumatera di Riau turut serta dalam upacara pengibaran bendera. Gajah-gajah ini ikut berperan sebagai petugas pengibar bendera merah putih, memberikan nuansa unik dalam momen bersejarah tersebut.

Tiga gajah Sumatera yang terlibat adalah Gajah Vera, Gajah Bankin, dan Gajah Indah. Mereka menjadi bagian dari Pasukan Pengibar Bendera saat upacara di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Jalan HM Soebrantas, Pekanbaru, pada Kamis (17/8/2023).

Dalam upacara ini, Gajah Vera bertindak sebagai pengerek bendera, sementara Gajah Bankin dan Gajah Indah menjadi pengawal yang berbaris dengan tertib. Setiap gajah dikawal oleh mahout (pawang gajah).

Saat bendera sudah dipasangkan di tali, Gajah Vera, yang bertugas mengerek bendera, maju ke depan dan menggunakan belalainya untuk mengambil tali. Saat lagu Indonesia Raya dimulai, Vera mulai mengerek bendera. Dengan penuh kedisiplinan, gajah ini menunaikan tugasnya sebagaimana pasukan pengibar bendera manusia. Para peserta upacara dari BBKSDA Riau menghormat saat lagu Indonesia Raya berkumandang.

Gajah Vera berhasil mengerek Merah Putih hingga ke puncak tiang setelah lagu Indonesia Raya selesai. Setelah menyelesaikan tugasnya, Vera kembali berbaris ke barisan awal bersama Gajah Indah dan Gajah Bankin.

Inspectur upacara dalam acara tersebut adalah Sopian. Seluruh rangkaian upacara dengan kehadiran gajah-gajah dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas ini berjalan lancar dan teratur.

 "Ketiga gajah ini berasal dari PLG Minas. Alhamdulillah, semua kegiatan berjalan dengan baik, "Hartono, Pelaksana Harian Kepala BBKSDA Riau Kamis (17/8/2023)

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut