get app
inews
Aa Read Next : 8.933 Napi di Riau Terima Remisi Idul Fitri, 46 Hirup Udara Segar

25 Warga Riau Terkena Rabies

Selasa, 20 Juni 2023 | 16:07 WIB
header img
25 Warga Riau Terkena Rabies (Foto ilustrasi/okezone)

ROHUL., iNewsPekanbaru.id - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau mencatat ada 25 warga yang terkena rabies. Kebanyakan warga yang terkena adalah hewan seperti kucing dan anjing.
Jumlah warga yang terinveksi rabies ini  terhitung dari awal tahun hingga Mei 2023.Kepala Dinas PKH Riau Herman mengatakan, dari 25 orang yang digigit hewan terinfeksi rabies tersebut, tidak ada yang meninggal dunia.

"Total ada 25 warga yang digigit hewan positif rabies. Namun untuk kasus manusia meninggal dunia tidak ada" katanya Selasa (20/6/2023).


Dipaparkan Herman, sejak Januari hingga Mei 2023, pihaknya juga mencatat ada 12 kasus positif rabies pada hewan di Riau. Di antaranya ditemukan di Kabupaten Indragiri Hilir 3 kasus, Pelalawan 1 kasus, Siak 4 kasus, Bengkalis 1 kasus dan Pekanbaru 3 kasus.

"Sampai saat ini ada lima daerah di Riau yang ditemukan kasus rabies," paparnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies terutama pada hewan terutama anjing dan kucing di Riau, pihak PHK Riau  mendistribusikan vaksin rabies ke 12 kabupaten dan kota di Riau.

"Sudah kami distribusikan dan pihak pemerintah kabupaten kota melalui instansi terkait sudah  ada yang melakukan vaksinasi. Utamanya bagi hewan jenis anjing dan kucing, ada juga beberapa hewan seperti musang peliharaan," katanya.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut