get app
inews
Aa Read Next : Penghapusan Denda Pajak Kendaraan, PJ Gubernur Riau Minta Warga Memanfaatkannya

Riau Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor

Kamis, 01 Desember 2022 | 18:01 WIB
header img
Banjir yang Terjadi Beberapa Waktu lalu di Riau (Dokumen/okezone.com)

PEKANBARU iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menetapkan status siaga darurat bencana banjir dan longsor. Status ini mulai berlaku dari 1 sampai 31 Desember 2022.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau  Edy Afrizal mengatakan bahwa penetapakan status ini melalui keputusan Gubernur Riau nomor KPTS 1747/XII/2022 tanggal 1 Desember 2022.

"Penetapan status ini melalui berbagai pertimbangan,"imbuhnya Kamis (1/12/2022).

Dia merincikan  penetapan status siaga darurat ini menimbang dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Dimana delapan daerahdiantaranya telah menetapkan status darurat bencana banjir dan longsor.

Diantaranya yaitu Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupten Bengkalis dan Kota Pekanbaru.

Beberapa upaya telah dilakukan untuk dalam menangani hal ini diantaranya, BPBD telah melakukan kaji cepat guna memperoleh data dan informasi kejadian bencana.

Kemudian, tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas Baznas, Dinas Sosial, relawan beserta Instansi terkait relah melakukan evakuasi bagi warga yang terdampak.

“Mendirikan tenda pengungsian, membuat dapur umum, dan menyalurkan logistik. Himbauan dan sosialisasi juga telah dilakukan. Selain itu Pemprov Riau dan Kabupaten/Kota juga telah melakukan apel siaga untuk menghadapi bencana banjir dan longsor ini,” ucapnya.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut