Logo Network
Network

Lapas Bengkalis Bangun Blok Baru, Over Kapasitas 433 Persen

Banda Haruddin Tanjung
.
Rabu, 29 Juni 2022 | 13:43 WIB
Lapas Bengkalis Bangun Blok Baru, Over Kapasitas 433 Persen
Pembangunan Blok Baru Lapas Bengkalis (foto Banda HT)

Bengkalis iNews.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis, Riau merupakan salah satu tahanan yang over kapasitas. Pihak Lapas dibantu dengan Pemda Bengkalispun dalam waktu dekat akan membangun blok lagi.

Satu blok akan dibangun itu dirancang dua tingkat. Dimana bangunan dua tingkat untuk bisa menampung sebanyak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Dimana setiap lantai akan di buat 10 kamar.

"Kemudian akan diperuntukkan satu atau dua kamar untuk tahanan disabilitas dan lansia (lanjut usia)," kata Kepala Lapas Kelas IIA Bengkalis, Edi Mulyono Rabu (29/6/2022).


Dia menjelaskan bahwa saat ini Lapas Bengkalis dihuni sebanyak 1.700 napi. Sementara lapas hanya berkapasitas 393 tahanan. Lapas Bengkalis merupakan lapas terpadat ke tiga di Riau.

"Artinya, lapas ini menjadi salah satu Lapas Rutan di Riau yang telah mengalami overkapasitas. Overkapasitasnya sebanyak 433 persen, urutan ketiga yang mengalami overkapasitas terbanyak setelah Lapas Bagansiapiapi dan Lapas Teluk Kuantan," ucapnya.

Pembangunan blok setelah pihak Lapas melakukan kordinasi dengan pihak Pemkab Bengkalis. Bupati Bengkalis Kasmarni pun bersedia membantu pembangunan blok untuk para napi.

"Bupati Bengkalis langsung setuju dan akan membantu pembangunan blok hunian yang baru demi terlaksananya program pembinaan lapas yang maksimal.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu meninjau pembangunan blok baru Lapas Bengkalis.

"Overkapasitas yang terlalu tinggi pada Lapas atau Rutan dapat menghambat proses pembinaan, baik pembinaan kemandirian maupun pembinaan keterampilan. Kami telah mengusulkan pembangunan blok hunian baru, namun ternyata masih banyak Lapas Rutan lainnya di Indonesia yang lebih mendesak untuk segera dibangun. Namun, keterbatasan ini tidak membuat kami patah semangat. Malah semakin memotivasi kami untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada WBP dan masyarakat," ucapnya.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.