Jelang Pilkada, Polda Riau Gelar Simulasi Sispamkota

Rahmad Riski
Smulasi Pengamanan Pilkada di Riau

PEKANBARU, NewsPekanbaru.id - Kapolda Riau, Irjen M Iqbal memimpin Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru, Senin (26/8/2024). 

Iqbal menjelaskan, tujuan diadakan simulasi ini untuk mengukur kekuatan personil Polda Riau diback-up TNI dalam rangka pengamanan Pilkada 2024 di Provinsi Riau. Acara yang digelar serentak di 12 kabupaten kota di Riau ini merupakan wujud komitmen Polda Riau mengamankan Pilkada serentak. 

"Sispamkota ini dalam rangka persiapan maksimal manajemen pengamananan pengamanan Pilkada 2024. Kita harus bersinergi, untuk meyakinkan semua berjalan dengan baik," kata Irjen Iqbal. 

Dijelaskan Iqbal, yang terpenting dalam mensukseskan Pilkada 2024 ini adalah sinergi semua pihak. Oleh karena itu dia mengajak seluruh lembaga terkait agar bersatu demi menyukseskan Pilkada serentak yang digelar November mendatang. 

"Ini adalah puncak dari latihan yang selama ini kita laksanakan dengan sandi Operasi Mantap Praja 2024 yang dilaksanakan serentak di 12 kabupaten/kota. Hari ini kami menampilkan kesiapan pengamanan dan kesiapan operasional dalam rangka pengaman Pilkada 2024. Terimakasi kepada semuanya, tetap semangat dan semoga bisa kita jalani dengan baik," pungkasnya. 

Pantauan beritasatu di lokasi, ratusan personil Polda Riau terlihat siap melakukan simulasi. Begitu juga dengan pihak KPU Riau, Bawaslu Riau, Personil Satpol PP, pemadam kebakaran Kota Pekanbaru juga disiagakan. 

Dalam simulasi ini, turut ditampilkan adegan bentrok antara massa pendukung calon kepala daerah yang kalah dengan pihak kepolisian. Massa terlihat melempar batu, membakar ban hingga menyandera Ketua KPU Riau. 

Dengan peralatan lengkap dan terlatih, personil Polda Riau akhirnya mampu mengatasi dan meredam situasi chaos tersebut sehingga membuat massa membubarkan diri.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network