Kerahkan 2 Skadron, Lanud Roesmin Nurjadin Gelar Latihan Terbang Malam

Nanda
Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Gelar Latihan Malam (Foto ist)

iNewsPekanbaru.id - Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau melaksanakan kegiatan latihan terbang malam. Kegiatan milter ini melibatkan dua skadron udara.

Kegiatan latihan malam ini akan digelar selama sepekan ke depan dengan mengerahkan para penerbang tempur dari Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 Wing Udara 6 Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin. Latihan ini merupakan program yang disusun Lanud Roesmin Nurjadin untuk meningkatkan profesionalisme penerbang TNI Angkatan Udara khususnya penerbang Hawk 100/200 dan penerbang F -16.

"Latihan terbang malam ini sekaligus untuk meningkatkan kesiapsiagaan para penerbang TNI AU khususnya di Lanud Roesmin Nurjadin, sehingga sewaktu-waktu ada perintah untuk melaksanakan operasi pada malam hari kita sudah siap melaksanakannya” jelas Danlanud Rabu (30/1/2024).


Lebih detail Komandan Lanud menjelaskan latihan terbang malam ini adalah latihan rutin untuk meningkatkan profesionalisme penerbang TNI Angkatan Udara khususnya Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16. Beberapa program dilaksanakan diantaranya program transisi, konversi, upgrading wingman untuk meningkatkan kualifikasi, serta program instructor pilot course. 

Selain itu latihan terbang malam ini sekaligus untuk meningkatkan kesiapsiagaan para penerbang TNI AU khususnya di Lanud Roesmin Nurjadin. Latihan ini digelar selama satu pekan dan dimulai pada 29 Januari 2024.

Pada latihan terbang malam ini, program latihan yang dilaksanakan tiap sortienya berbeda, mulai dari instrumen flight, pattern flight, sampai dengan simulasi penembakan udara ke darat di malam hari.

"Kalau latihan malam lebih sulit. Karena kalau kalau malam gelap, pandangan terbatas. Jadi pilot fokus dengan petunjuk yang ada di dalam pesawat. Sementara kalau siang, pandangan pilot lebih luas karena bisa melihat di luar pesawat dengan jelas," tegasnya.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network