Dukung Pengembangan Wisata, Bandara SSK Pekanbaru Revitalisasi Tracking Path di Hutan Bandar Bakau

Nanda
Bandara SSK Pekanbaru Dukung Pariwisata (Foto InewsPekanbaru.id)

DUMAI iNewsPekanbaru.id - PT Angkasa Pura II KC Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) guna mendukung sustainable tourism dengan tema "Jelajah Negeri Berjuta Pesona" untuk pengembangan wisata di Kawasan Hutan Bandar Bakau di kota Dumai.

Bantuan TJSL sebesar Rp120 juta itu diserahkan oleh EGM Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, M Hendra Irawan dan diterima oleh Pembina PAB Club mewakili Kelompok Tani Hutan, Darwis Mohd. Saleh dengan disaksikan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Informasi, Teknologi, Ekonomi dan Keuangan Kota Dumai, Drs. Syawir Kasim, M.Si di kawasan Hutan Bandar Bakau di kota Dumai.

“Penyaluran bantuan di kawasan konservasi bakau ini merupakan upaya PT Angkasa Pura II sebagai salah satu member InJourney yang merupakan BUMN Holding Industri Aviasi dan Pariwisata untuk mendorong peningkatan wisata yang berkelanjutan atau sustainable tourism, sekaligus meningkatkan kesadaran untuk peduli terhadap pelestarian lingkungan,” kata Irawan dalam sambutan pembuka saat acara penyaluran bantuan Kamis (10/8/2023).

Irawan berharap bantuan ini dapat meningkatkan nilai tambah kawasan wisata serta dapat meningkatkan produktivitas masyarakat khususnya yang berada di pesisir laut. 

Bantuan nantinya ini akan dimanfaatkan untuk pembuatan jalur rute perjalanan (tracking path) sepanjang 300 meter, ungkap Irawan.

Darwis Mohd Saleh yang akrab disapa Datuk Darwis mengucapkan terimakasih kepada PT Angkasa Pura II yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan pesisir Kota Dumai.

"Bandar Bakau ini merupakan nikmat lingkungan hidup dan budaya Melayu masyarakat Dumai. Kedatangan PT Angkasa Pura II kali ini menjadi momentum yang pas karena selain memperingati Hari Jadinya yang ke-39 juga bertepatan dengan peringatan Hari Cinta Alam Bahari pada tanggal 16 Agustus 2023 dan Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2023," kata Datuk Darwis.

Datuk Darwis juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Pecinta Alam Bahari Bandar Bakau Dumai sekaligus Bhabhinkamtibmas Polsek Dumai Barat Aiptu Mustakim, karena peranannya yang selalu mendukung Datuk Darwis dan "Kelompok Tani Hutan" yang ada di Bandar Bakau.

"Bandar Bakau pertama kali di launching tahun 2020, dengan visi Bandar Bakau Menuju Dunia, tapi karena Pandemi Covid-19, aktivitas sempat terhenti," cerita Datuk Darwis.

"Pengelola Hutan Bandar Bakau adalah Kelompok Tani Hutan (KTH ) yang membawahi Kelompok Usaha Bersama (KUB) diantaranya Kelompok (Pok) Sadar Wisata dan UMKM Bandar Bakau. Bantuan hari ini yang menerima adalah KTH," pungkas Datuk Darwis.

Syawir Kasim mewakili Walikota Dumai menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Angkasa Pura II Bandara SSK II Pekanbaru yang telah peduli terhadap kelestarian Bandar Bakau.

"Kepedulian PT Angkasa Pura II patut kita apresiasi dan harapan kami hal ini bisa berlanjut seterusnya di Dumai dimasa yang akan datang," ungkap Syawir Kasim.

Kegiatan penyerahan bantuan TJSL sendiri serentak dilakukan di 19 lokasi di wilayah kerja PT Angkasa Pura II dan disiarkan langsung secara daring dan menjadi bagian dari upaya pemecahan rekor MURI.

Turut hadir dalam kegiatan antara lain Sekretariat Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) Nurzaman, Camat Dumai Barat, Al-Khusaiari, Lurah Pangkalan Sesai, Muzdalena, serta para penggiat lingkungan terkait.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network