get app
inews
Aa Read Next : PCR Kembali Lakukan Seleksi Ujian Berbasis Komputer

Lulusan Vokasi, Perpanjangan Magang Jadi Solusi Masuki Dunia Kerja

Rabu, 10 Juli 2024 | 16:45 WIB
header img
Vokasi Memasuki Dunia Kerja (Foto iNewsPekanbaru.id)

iNewsPekanbaru.id - Hubungan dunia usaha dunia industri (DUDI) dengan satuan pendidikan vokasi terus diperbaiki. Bagaimana satuan pendidikan vokasi, baik itu sekolah menengah kejuruan (SMK) maupun perguruan tinggi vokasi, menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan DUDI.

Bukan hanya keahlian yang didapat di bangku pendidikan, lulusan satuan pendidikan vokasi juga dituntut memiliki SKA, yakni soft skill, knowledge, dan attitude untuk dapat masuk ke pasar kerja.

Hal tersebut mengemuka pada acara Bussiness Matching and Public Discussion dengan tema “Memperkuat Kelembagaan Vokasi dalam Mengoptimalkan Kemitraan bersama DUDI”. Kegiatan yang berlangsung di Hall Serba Guna Politeknik Caltex Riau (PCR), Selasa (9/7/2024) ini dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau Boby Rachmat.

Soft skill adalah kemampuan non-teknis yang melekat pada diri seseorang, termasuk kemampuan komunikasi, kecerdasan sosial, karakteristik, dan adaptasi di kehidupan dan dunia kerja. Aspek soft skill lainnya adalah kecerdasan emosional dan kepemimpinan.

Sedangkan knowledge atau pengetahuan dimaksudkan sebagai gabungan antara informasi, pengalaman, dan keterampilan yang dimiliki seseorang. Pengetahuan merupakan kemampuan untuk memahami, menginterpretasikan, dan menggunakan informasi dengan cara yang berguna dan efektif. Sementara Attitude bisa dimaknai sebagai perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain yang disertai dengan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap tersebut.

Kadisnaker Boby kepada jurnalis usai acara pembukaan mengungkapkan, masalah regulasi serta sarana dan prasarana pendidikan vokasi di Riau ini sudah ada dan lengkap. Namun menurutnya, sekarang ini bagaimana pendidikan vokasi bisa menghasilkan lulusan yang sesuai dengan pasar kerja.

“Artinya, apa yang kita buat programnya, kegiatannya, rumusannya, baik di SMK maupun di kampus (perguruan tinggi) ini sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Jadi kita berharap baik kelembagaan vokasi meupun kemitraan ini bisa saling bersinergi tertutama di dunia usaha dan dunia industri,” ucapnya.

Menurut Boby potensi industri di Riau ini cukup besar. Karenanya ia berharap tenaga kerja lokal bisa diserap di Riau, bahkan kalau sudah melebihi bisa bekerja di luar Riau.

Seringnya DUDI meminta persyaratan pengalaman kerja yang cukup lama, membuat satuan pendidikan vokasi mengubah pola magang atau praktik kerja lapangan siswa dan mahasiswa mereka.

Direktur Polbeng Johny Custer menyatakan pihaknya mengubah sistem magang. Sejak tahun lalu, magang mahasiswa Polbeng dilaksanakan selama satu tahun dan sepenuhnya di industri.

“Tujuannya itu tadi, supaya setelah mereka tamat mereka telah memiliki pengalaman kerja,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Direktur Politeknik Kampar Ir Nina Veronika ST MSc. Menurutnya, dengan adanya magang enal bulan hingga satu tahun di industri itu menguatkan anak didik untuk langsung bekerja.

 “Beberapa kampus dan SMK juga sudah membekali dengan sertifikasi kompetensi. Ini menguatkan anak-anak didik kita untuk diterima di dunia kerja,” ujarnya.

Sementara bagi siswa SMK, untuk mendapatkan pengalaman kerja itu juga terjadi perubahan pada pola praktek kerja industri (prakerin).

“Untuk konteks SMA, sekarang sudah ada transformasi untuk prakerin (praktik kerja industri). Prakerin di masa belajar kita sudah ubah, dulu tiga bulan sekarang enam bulan,” terang Dr Ir Indra Hasan MT dari Kadin Provinsi Riau.

Tidak hanya diperpanjang menjadi enam bulan, prakerin juga waktunya digeser ke akhir masa pembelajaran. “Kalau dulu kan kelas sebelas, selesai prakerin mereka masuk (sekolah) lagi, padahal ada yang mau direkrut. Sehingga sekarang ditarik ke tahun ajaran akhir, yakni kelas tiga (kelas dua belas) semester akhir,” tambah Indra Hasan.

Jadi, tambahnya, jika ada peserta didik yang memang dianggap punya kinerja bagus, mereka bolah langsung direkrut oleh industrinya.

“Jadi sudah ada perubahan sebetulnya. Dan kami berharap perubahan itu juga bisa dianggap pengalaman kerja,” tutupnya.

Sementara, Direktur Politeknik Caltex Riau Dr Dadang Syarif Sihabuddin Sahid SSi MSc berharap industri dapat juga mengubah pola magang di perusahaan mereka. Karena menurutnya, anak magang itu betul-betul bisa berkontribusi di industrinya.

Kemudian, dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kemendiknas hari ini, ia menyebut teaching factory yakni bagaimana suasana industri bisa dihadirkan di kampus-kampus menjadi penting..

“Betul-betul masalah-maslah industri kita buat, kita lakukan di kampus. Sehingga suasananya mirip lah. Jadi pada saat kita melepas anak-anak ke ‘lautan bebas’, di sini pun sudah kita sediakan sarananya dan prasaranya,” urai Dadang.

 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut