get app
inews
Aa Read Next : Penghujung Ramadan, Jamah Musolah Az Dzikra Khatam Al'Quran Kedua

Pantai Rupat Utara Jadi Titik Lokasi Rukyatul Hilal Puasa

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:54 WIB
header img
Sidang Isbat Ramadan (Foto ilustrasi/MNC Portal)


PEKANBARU, iNewsPekanbaru.id - Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang Isbat untuk penetapan awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024, yang bertepatan dengan 29 Syakban 1445 H. Rukyatul hilal akan dilakukan di 134 titik lokasi di Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Agustiar, mengatakan bahwa di Provinsi Riau, titik lokasi rukyatul hilal akan berada di Pantai Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Menurut Agustiar, sesuai dengan keputusan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, pelaksanaan Rukyatul Hilal di Provinsi Riau akan dilakukan di Pantai Rupat Utara, Bengkalis. 
"Proses ini akan melibatkan tim BHR Riau, unsur Perguruan Tinggi, Pengadilan Agama, dan ormas Islam pada tanggal 10 Maret mendatang," katanya Rabu (21/2/2024).

Lebih lanjut, Agustiar mengatakan bahwa tinggi hilal pada saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berkisar antara -0°20’ 1,2” hingga 0°52’ 5,4”, dengan sudut elongasi antara 2°14’ 46,8” hingga 2°41’ 50,4”.

Sidang Isbat merupakan layanan keagamaan yang memberikan kepastian kepada masyarakat terkait pelaksanaan ibadah. Agustiar juga menjelaskan bahwa sidang Isbat akan terbagi menjadi tiga tahap, termasuk pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hisab, sidang penetapan awal Ramadan secara tertutup setelah Salat Magrib, dan konferensi pers hasil sidang Isbat yang akan disiarkan melalui media sosial Kemenag.


 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut