get app
inews
Aa Read Next : Nenek di Rohil Tewas Dibanting Perampok, Sikat HP dan Uang

Pulang Sosialisasi Pemilu, Polres Rohil Temukan 11 Etnis Rohingya yang Akan Dikirim ke Malaysia

Kamis, 04 Januari 2024 | 20:33 WIB
header img
11 Etnis Rohingnya Diamankan Polres Rohil (Ist)

iNewsPekanbaru,id - Pihak Polsek Panipahan, Polres Rokkan Hilir (Rohil) mengamankan sebanyak 22 orang yang diduga akan dijual ke luar negeri untuk dipekerjakan. 

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto mengatakan setelah diselidiki sebagian berasal dari etnis Rohingya. Kemudian sebagian lagi WNI yang akan dipekerjakan di Malaysia atau Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Mereka yang diamankan anggota kita adalah terdiri dari 11 etnis Rohingnya dan 11 WNI. Mereka diketahui akan diberangkatkan ke Negera Malaysia," kata Kapolres Kamis (4/1/2024).

Kapolres menyatakan bahwa pengungkapan ini melakukan patroli Kamtibmas dan juga sosialiasi Pemilu Damai pada (3/1/2024). Mereka diamankan saat akan menyebrang ke Malaysia melalui Kepulauan Panipahan Darat, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rohil.

Setelah mendengar dari dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), pihak kepolian mengamankan mereka. Pihak kepolisian juga mengamnakan dua orang yang diduga sebagai pelaku TPPO.

Kedua pelaku adalah  MM (44) dan HA (37). Dari para korban, pelaku meminta uang Rp 5,5 juga untuk setiap orang. "Kedua pelaku warga Labuhan Batu Sumatera Utara, mereka meminta Rp5,5 juta kepada para korban.

Untuk para etnis Rohingnya, pihak kepolisian melakukan kordinasi dengan pihak pihak dinas sosial dan imigarsi.

"Kami sudah memawa mereka ke Polres Rokan Hilir. Kita saat ini telah berkordinasi dengan Dinas Sosial Rohil, dengan kejaksaan, dengan pihak Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bagansiapiapi," pungkas Andrian.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut