get app
inews
Aa Read Next : Tangani Karhutla, Pemprov Riau Ajukan 6 Helikopter

5 Kabupaten di Riau Dilanda Banjir

Selasa, 19 Desember 2023 | 15:16 WIB
header img
Banjir Rohil (Dokumen)

iNewsPekanbaru.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau melaporkan terjadinya banjir di lima kabupaten di provinsi tersebut. Kelima kabupaten tersebut adalah Bengkalis, Rokan Hulu (Rohul), Kuantan Singingi (Kuansing), Rokan Hilir (Rohil), dan Kampar.

Kepala Pelaksana BPBD Riau, M. Edy Afrizal, melalui Kabid Kedaruratan, Jim Gafur, menyatakan bahwa kondisi banjir di beberapa kabupaten sudah mulai surut, namun ada juga yang baru mengalami banjir. Rohul, misalnya, melaporkan bahwa banjir di daerah tersebut sudah mulai surut.

Bengkalis, di sisi lain, mengalami banjir yang merendam rumah warga, mengakibatkan 50 kepala keluarga harus mengungsi. BPBD Riau telah mengirimkan bantuan logistik ke daerah tersebut. 

“Untuk  banjir  di Kabupaten Bengkalis sudah kami kirimkan bantuan berupa logistik,” ucap Jim Selasa (19/12/2023).


Sementara itu, Kuansing dan Kampar melaporkan banjir yang baru terjadi, dan BPBD Riau sedang berkoordinasi dengan pihak setempat untuk menilai kondisi terkini dan mengirimkan bantuan jika diperlukan.

"Untuk di Kampar dan Kuansing banjir baru saja melanda, kami masih terus koordinasi dengan BPBD setempat,” ujarnya. 

BPBD Riau telah mengirimkan surat peringatan kepada pemerintah 12 kabupaten/kota di Riau mengingat kondisi cuaca saat ini. Surat tersebut merujuk pada prakiraan daerah rawan banjir dan wilayah potensi longsor yang disampaikan oleh BMKG. BPBD meminta agar setiap kabupaten dan kota meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, melakukan monitoring potensi ancaman bencana banjir dan longsor, serta mengambil langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisir dampak ancaman bencana tersebut.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut