get app
inews
Aa Read Next : Polisi Bandara SSK Pekanbaru Gagalkan Peredaran 1 Kg Sabu Via Penerbangan

Karhutla Sebabkan Jarak Pandang Terbatas dan Aktivitas Bandara Terganggu

Minggu, 01 Oktober 2023 | 13:19 WIB
header img
Karhutla Riau Sebabkan Kabut Asap dan Ganggu Penerbangan (Foto Karhutla Terjadi di Kampar/Ist)

iNewsPekanbaru-.id - Jarak pandang di Kota Pekanbaru terganggu pagi tadi karena kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah di Riau. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa kebakaran masih terjadi di beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kampar.

Kepala BMKG Pekanbaru, Ramlan Djambak, mengungkapkan bahwa asap dari kebakaran yang bercampur dengan hujan ringan di wilayah Pelalawan menyebabkan kondisi udara semakin kabur dan berat. Hal ini mempengaruhi jarak pandang dan mengganggu aktivitas di luar ruangan.

Warga diminta untuk waspada dan, jika memungkinkan, mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Penggunaan masker juga disarankan bagi yang harus beraktivitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan mereka.

Selain itu, kabut asap yang bercampur dengan air juga memengaruhi operasional penerbangan. Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru melaporkan bahwa delapan penerbangan mengalami gangguan akibat jarak pandang yang menurun hingga 100 meter. Nilai ini jauh di bawah ambang batas aman, yang seharusnya minimal 800 meter. Sebagai hasilnya, aktivitas penerbangan terganggu pada hari ters

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut