get app
inews
Aa Read Next : Harga Pertamax Turun, Ini Syarat Jika Pertalite Turun

Rencana Penghapusan Pertalite, Segini Harga Pertamax

Senin, 04 September 2023 | 09:48 WIB
header img
Harga 3 Jenis BBM Pertamax usai Pertalite bakal dihapus. (Foto: MPI)


JAKARTA, iNewsPekanbaru.id - Diketahui belakangan ini ramai kabar kalau BBM jenis Pertalite bakal dihapus.Hal itu karena berdasarkan aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan bahwa BBM yang boleh dijual di Indonesia sejatinya paling minim yakni 91.

Sehingga saat ini sedang dikaji peningkatan kualitas BBM Pertamina jenis Pertalite dengan RON 90. Nantinya kualitas BBM subsidi tersebut tingkatkan jadi RON 92 yang ramah dengan lingkungan.

"Sehingga nantinya tahun depan hanya akan ada 3 produk Pertamax, yang pertama Pertamax Green 92 dengan campuran RON 90 dengan 7% etanol yang kita sebut E7. Kedua, Pertamax Green 95 yaitu percampuran Pertamax dengan 8 persen etanol, dan ketiga Pertamax Turbo," kata Direktur Utama (Dirut) Pertamina Pertamian Nicke Widyawati Senin (3/9/2023).

Pada tanggal 1 September 2023, PT Pertamina (Persero) mengumumkan harga tiga jenis BBM Pertamax sebagai berikut:

Pertamax Green (RON 95): Harga per liter sebesar Rp15.000.
Pertamax (RON 92): Harga per liter sebesar Rp13.300.
Pertamax Turbo (RON 98): Harga per liter sebesar Rp15.900.

Selain itu, ada perkembangan terbaru mengenai kemungkinan penghapusan BBM jenis Pertalite. Ini terkait dengan aturan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang mengharuskan BBM yang dijual di Indonesia minimal memiliki RON 91.

Sebagai respons, PT Pertamina saat ini sedang mengkaji peningkatan kualitas BBM Pertamina jenis Pertalite dari RON 90 menjadi RON 92 yang lebih ramah lingkungan. Dalam peningkatan ini, Pertalite akan dicampur dengan etanol sebanyak 7%, yang akan meningkatkan Research Oktan Number (RON) dari 90 menjadi 92. Produk ini akan diberi nama Pertamax Green 92.

Pertamina juga telah meluncurkan Pertamax Green 95, yang merupakan campuran dengan bioetanol sebanyak 5%. Untuk memastikan kualitas dan dampaknya pada mesin kendaraan, Pertamina telah menjalani tiga jenis tes, yaitu laboratorium, dyno test (untuk mengukur gaya, torsi, atau tenaga kendaraan), dan road test (uji jalan kendaraan dengan bahan bakar Pertamax Green 95). Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa penggunaan produk Pertamax Green 95 menjaga mesin kendaraan tetap bersih.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut