get app
inews
Aa Read Next : Pesan Bluebird Pakai WhatsApp, Kenapa Tidak?

Cara Obati Sakit Gigi Saat Makan Daging

Rabu, 05 Juli 2023 | 08:10 WIB
header img
ilsutrasi Sakit Gigi (foto okezone)

iNewsPekanbaru.id - Cara mengobati sakit gigi karena makan daging perlu diketahui banyak orang. Apalagi belum lama ini banyak orang menyantap daging kurban, kadang bisa bikin sakit gigi.

Saking lahapnya menikmati olahan serba daging, tak dipungkiri gigi Anda akan menjadi sakit. Bahkan jika sebelumnya punya permasalahan pada bagian gusi atau gigi, bisa semakin parah.

Munculnya rasa nyeri pada gigi setelah makan daging, akan membuat tidak nyaman. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Dihimpun dari laman Siloam Hospital, berikut ini cara mengatasi sakit gigi akibat mengonsumsi daging.

1. Jangan Pakai Tusuk Gigi

Sebagian orang menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan sisa daging yang terselip, apalagi masuk ke dalam gigi berlubang yang membuatnya menjadi sakit dan juga terasa linu.

Tahukah Anda, menggunakan tusuk gigi justru berisiko menyebabkan sisa makanan tersebut malah semakin masuk ke sela-sela gigi yang lebih dalam dan membuat gigi semakin nyeri. Jadi sebaiknya dihindari saja, pakai alternatif lain untuk mengeluarkan daging yang terselip itu.


2. Berkumur Menggunakan Air Garam

Jika gigi Anda terasa sakit akibat makan daging, bisa berkumur menggunakan air garam sebagai pertolongan pertama. Yang mana cara alami ini dipercaya sejak lama, efektif meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada gigi.

Manfaat ini diperoleh dari sifat antiradang dan antibakteri alami yang terdapat dalam air garam. Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

3. Dental Floss

Lalu disarankan menggunakan dental floss, salah satu cara yang direkomendasikan untuk meredakan rasa nyeri gigi setelah mengonsumsi daging. Serta bisa membantu membersihkan sisa makanan dan kotoran di sela-sela gigi.

Kemudian kelebihan lainnya adalah membersihkan gigi secara rutin menggunakan dental floss juga dapat mencegah terjadinya penumpukan plak yang dapat meningkatkan risiko timbulnya masalah pada gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, bau mulut, hingga penyakit gusi.

4. Periksa ke Dokter

Apabila rasa nyeri gigi masih saja belum hilang, terlebih membuatnya semakin parah maka dianjurkan untuk segera berkonsultasi dan memeriksakannya ke dokter.

Nantinya dokter akan memeriksa dan memberikan obat-obatan serta tindakan, sesuai dengan diagnosa yang dikeluarkannya. Apakah sakit gigi Anda masuk dalam kategori ringan atau sebaliknya.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut